UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA BERAKHLAK AL-KARIMAH DI SMPIT AL-MUNADI MEDAN

Soiman Soiman, Rijal Sabri, Rizqiyatun Nasuha

Abstract


Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) upaya Guru dalam Mengembangkan kepribadian akhlak di SMPIT Al-Munadi mencakup (a) Religius, (b) Jujur, (c) Toleransi, (d) Disiplin, (e) Kerja Keras, (f) Kreatif, (g) Mandiri, (h) Demokratis, (i) Semangat Kebangsaan, (j) Cinta Tanah Air, (k) Menghargai Prestasi, (l) Bersahabat Komunikatif, (m) Cinta Damai, (n) Gemar Membaca, (o) Peduli Lingkungan, (p) Peduli Sosial, (q) Tanggung Jawab. beberapa tahapan metode yakni: (a) pengajaran, (b) keteladanan, (c) pembiasaan, (d) pemotivasian, dan (e) penegakan aturan.(2) Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kepribadian siswa ber-akhlak al-Karimah di SMPIT Al-Munadi terdapat dua faktor. Faktor internal faktor dan faktor external, Kedua faktor ini dapat mempengaruhi diri manusia biasanya pengaruh berasal dari lingkungan sekitar, (3) Kepribadian siswa ber-akhlak al-karimah di SMPIT Al-Munadi, siswa mampu menerapkan sikap rasa Ikhlas dan mencari haq serta melepaskan diri dari hawa nafsu saat berbeda pendapat dalam kehidupan sehari-hari, bersikap tawadhu kepada orang lain dan tidak takkabbur, mengucap salam terhadap sesama muslim dan berbicara sopan dan lemah lembut dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Guru, Kepribadian Siswa Berakhlak Al-Karimah

Full Text:

PDF

References


Hidayatullah, M F. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo

Khusairi, Akhmad. (2012). 2012. Metode Islam dalam Pembinaan Akhlak. Jakarta: Media Komputindo

Mujib, Abdul. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia

Munzeir. (2000). Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani

Naim, Mahmud. (2012), Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Perkembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogyakarta: Arruz Media

Nirtahardja, Umar. (2000). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Pidarta, Made. (2007). Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Soetjipto. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sya’runi. (2007). Model Relasi Ideal Guru dan Murid, Telaah atas Pemikiran Al-Zarnuji dan K.H. Hasyim ‘Asyari. Yogyakarta: Teras

Tafsir, Ahmad. (2001). Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. (Bandung: Remaja Rosdakarya

Usman, Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wahid, H A. (2009). Akidah Akhlak. Bandung: CV. Armico

Yusuf, Syamsul. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v4i1.672

Article Metrics

Abstract view : 236 times
PDF – 989 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman



Almufida Indexed by:

    

 

Member Of :

ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id

 

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.