PENGARUH HARGA DAN PROMOSI SERTA TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE VIVO DI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga dan promosi serta trust terhadap keputusan pembelian handphone vivo di Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Medan yang membeli dan menggunakan handphone vivo jumlah sampel sebanyak 75 orang. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang didukung survey, serta bersifat explanatory.
Hasil penelitian dengan pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan sifnifikan terhadap Keputusan pembelian handphone vivo di Medan. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone vivo di Medan. trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone vivo di Medan. Selanjutnya hasil uji serempak (uji F) menunjukkan bahwa harga dan promosi serta trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone vivo di Medan.
Nilai koefisien determinasi (R2) harga, promosi, trust mampu menjelaskan variabel Keputusan pembelian sebesar 55,7 % dan sisanya 44,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas pelayanan, kualitas produk, merek dan sebagainya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arianty, Nel. 2016. Manajemen Pemasaran. Medan : Perdana Publishing
Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Cetakanke I. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. ManjajemenPemasaranJilid 1 . Jakarta; Erlangga.
Kotler,Philipdan Gray Amstrong. 2018.Prinsip-PrinsipMarketing EdisiKetujuh. Jakarta:SalembaEmpat
Lupioyadi, Rambat.2013.ManajemenPemasaran Jasa BerbasisKompetensi. Edisi 3. Jakarta : SalembeEmpat.
Lamb, Charles. W. et.al. 2001. PemasaranEdisiPertama. Jakarta : SalembaEmpat.
Mowen, John C. 2011. PerilakuKonsumen. Edisi 2. Jakarta : Erlangga.
Mowen, John. Michael Minor. 2002. PerilakuKonsumen. Jakarta : Erlangga.
Putri, Budi Rahayu Tanama. 2017. ManajemenPemasaran. Denpasar : Universitas Udayana
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2014. PerilakuKonsumen, EdisiKesebelas. Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. 2018. Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatit dan R&D. Bandung; Alfabeta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction.Yogyakarta: Andi.
Tjahyadi, Rully.2006.Brand Trust Dalam KonteksLoyalitas Merek : Peran Karakteristikmerek, karakteristik Perusahaan Dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen Volume 6 No,1,
Esti Nur Wahidah. 2018. Pengaruh Harga, Promosion Dan Customer Trust Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Traveloka. Com. Jurnal Manajemen Dirgantara Volume 11 No.2.
Ridhon MB Simangunsong. 2021 . Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa HKBP Nomensen Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik Volume 2.
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.4951
Article Metrics
Abstract view : 225 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 73 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IKA MARY PASARIBU, Eka Ummi Kalsum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index