PENGARUH CONTENT MARKETING, BRAND IMAGE, DAN E-WOM PADA BRAND TEH KAMPOENG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Sabela Araminta Apta, Diana Puspitasari, Mila Sartika, Aries Setiawan

Abstract


Bisnis es teh jumbo yang bersaing semakin ketat harus mempertimbangkan berbagai faktor yang memberi pengaruh bagi keputusan pembelian pelanggan, seperti kualitas produk, persepsi harga, citra merek, serta promosi. Tujuan penelitian yaitu melihat bagaimana conten marketing, citra merek, serta e-wom berdampak pada keputusan pembeli Teh Kampoeng. Sampel penelitian sebanyak 105 menggunakan QR kode dengan teknik purposive sampling dengan menetapkan responden melalui kriteria tertentu. Penelitian ini memakai analisis regresi berganda. Hasil statistic memperlihatkan variabel Content Marketing mempunyai dampak negative serta tidak signifikan pada keputusan pembelian dengan nilai thitung -1,801 dan nilai signifikansi atau p value = 0,075 (p value < 0,05). Variabel brand image menunjukkan thitung sebesar 5,981 dengan nilai signifikansi atau p value = 0,000 (p value < 0,05) menandakan brand image berpengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian. Variabel E-Wom menunjukkan thitung sebesar 2,517 dengan nilai signifikansi atau p value = 0,013 (p value < 0,05) menandakan E-Wom memberi pengaruh positif signifikan bagi keputusan pembelian. Kesimpulan penelitian yaitu content marketing mempunyai dampak negatif serta tidak signifikan bagi keputusan pembelian, brand image memberi pengaruh positif pada keputusan pembelian dan E-WOM memberi pengaruh positif bagi keputusan pembelian.


Keywords


Content Marketing, Brand Image, E-WOM, Keputusan Pembelian

References


Abdullah, K. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Adilla, P., & Hendratmoko, C. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pemeblian Barang Thrift Melalui Instagram Di Solo Raya. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 455–466.

Agustina, R., Hinggo, H. T., & Zaki, H. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 433–443.

Anggraini, A. R., & Hadi, M. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 179–185.

Aristayasa, I. K., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar, 15(2), 90–103.

Chandra, A. P., & Santoso, T. (2019). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI OUTLET MINI MELTS SURABAYA. AGORA, 7(1).

Dairina, L., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada produk sepatu merek Converse). Jurnal Ekonomi Islam, VII(I), 118–134.

Damayanti, M., & Setiawan, A. (2023). Faktor-faktor pengaruh keputusan pembelian kosmetik wardah generasi milenial di kabupaten semarang. El - Iqtishod, 7(2), 1–18.

Databooks.Katadata.co.id. (n.d.). Indonesia Merajai Pasar Minuman Teh di Asia Tenggara 2023. Retrieved February 28, 2025, from https://databoks.katadata.co.id/food-beverage-tobacco/statistik/38a05886c27eec2/indonesia-merajai-pasar-minuman-teh-di-asia-tenggara-2023

Databooks.Katadata.co.id. (n.d.). Pertumbuhan Jumlah UMKM Indonesia sampai 2023 Ekonomi & Makro Databoks Premium Premium. https://databoks.katadata.co.id/ekonomi-makro/statistik/fe2d25547a40355/pertumbuhan-jumlah-umkm-indonesia-sampai-2023

Dewi, G. H. T., & Fitriani. (2021). Pengaruh Advertising, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Make Over (Studi Pada Mahasiswa FEB UM Metro). Jurnal Manajemen Diversivikasi, 1(3), 561–573.

Fachmy, R. N., & Rasmini, M. (2023). Decisions Title Pengaruh Content Marketing Pada Instagram Pegipegi Terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7552–7560.

Hardiyanah, T., Hidayati, R., Nasution, Hagabean, A., Muslikh, & Marhamah, S. (2023). Pengaruh Content Marketing , Sales Promotion , Personal Selling Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada CV Laditri Karya. Journal of Accounting, Management and Economics Research, 1(2), 75–92.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosia. Al-Kalam, 8(1), 32–40.

Kasakeyan, R. F., Tawas, H. E., & Poluan, J. G. (2021). THE EFFECT OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH, PRODUCT QUALITY AND EXPERIENTIAL MARKETING ON PURCHASE DECISIONS PRODUCT BOBA STREET MANADO. Jurnal EMBA, 9, 1208–1217.

Kompasiana. (n.d.). Banyaknya Karyawan Yang Di PHK Akibat Pandemi Covid-19.

Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth ( E-WOM) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada PT. Pancaran Kasih Abadi. JUBIS, 3(1), 73–91.

Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh, Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Jurnal Ilmiah Manajemen, XI(3), 227–238.

Mandagi, V. A. L., Kalangi, J. A. F., & Mukuan, D. D. S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(4), 54–61.

Naz, F., Oláh, J., Vasile, D., & Magda, R. (2021). Green purchase behavior of millennials: Opportunities for green entrepreneurship. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 9(2), 103–117.

Nyoko, A. E. L., & Semuel, A. D. D. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Di Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pelanggan Muca Cafe Kupang). Journal of Management, 14(1), 63–76.

Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh content marketing terhadap pembentukan brand awareness pada kalbis institute. Jurnal Media Kom, 3(2), 45–57.

Prasetya, I. B. Y., & Sigit, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan EWOM terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Pelanggan : Studi pada J . Co Donut & Coffee di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(05), 207–219.

Pratiwi, S., & Rahmidani, R. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vaseline Hand & Body Lotion. Jurnal Ecogen, 6(1), 119–127.

Prayoga, I., & Mulyandi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5).

Putry, W. E. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING ( Study Pada Konsumen Scarlett Whitening ). Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 187–192.

Rahayu, N. P. W., & Cahyani, N. L. P. C. D. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lampung Beauty Care. Jurnal Manajemen, 17(2), 276–287.

Rahmadhani, R., & Prihatini, A. E. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 23–30.

Rofiudin, M., Shabry, Moh., & Juniarsa, N. (2022). Pengaruh Harga Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia Pasca Covid 19 Di Malang Raya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(2).

Rohmah, A. F. A., Fradani, A. C., & Indriani, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( E-WOM ) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia ( Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro ). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 01(02), 110–117.

Rohmanuddin, & Hana Arif. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Bisnis Ritel Pakaian “Sting” Cabang Kedoya Green Garden).

Ruhamak, M. D., & Rahmadi, A. N. (2019). Pengaruh E-WOM , Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Konsumen ( Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Fajar English Course Pare Kediri ). Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(2), 233–246.

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, 03(01), 96–106.

Septianti, W., Setyawati, I., & Permana, D. (2021). The Effect of Halal Products and Brand Image on Purchasing Decisions with Purchase Interest as Mediating Variables. European Journal of Business and Management Research, 6(6), 271–277.

Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING , INFLUENCER , DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ( Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang ). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 11(1), 1–11.

Shukmalla, D., Savitri, C., & Pertiwi, W. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal di Tiktok Shop ( Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang ). Jurnal Mirai Management, 8(3), 326–341.

Sugiyono. (2020). Metode Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D.

Supriatna, A., Nuraidah, & Anugrah, T. G. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna ShopeePay Pada Masyarakat Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 78–85.

Syaparudin Bs, Arizal N, & Handayani, R. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(2).

TribunJatim.com. (n.d.). Daftar Kota Terpanas di Indonesia Di awal Oktober Menurut BMKG, Termasuk Surabaya 35,5 Derajat. Retrieved February 9, 2024, from https://jatim.tribunnews.com/2023/10/11/daftar-kota-terpanas-di-indonesia-di-awal-oktober-2023-menurut-bmkg-termasuk-surabaya-355-derajat




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i1.6132

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sabela Araminta Apta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index