MECHATBOT: CHATBOTS KECERDASAN BUATAN SEBAGAI SOLUSI LAYANAN INFORMASI KAMPUS BERBASIS IT
Abstract
Salah satu aplikasi yang dimasukkan ke dalam sistem informasi untuk memudahkan aktivitas sivitas akademika adalah Chatbot. Universitas Metamedia telah menggunakan teknologi informasi ini dengan nama MechatBot. MechatBot merupakan fitur pertama yang dicari pengguna ketika mengalami kendala dan membutuhkan informasi cepat ketika bagian administrasi perkantoran tidak memiliki jam layanan. Sebelumnya, seluruh layanan dilakukan secara offline atau melalui layanan informasi yang memiliki jam operasional. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi MechatBot untuk membantu menjawab pertanyaan mengenai penggunaan aplikasi pada sistem informasi akademik. MechatBot ini menggunakan teknologi web dan algoritma bigram sebagai algoritma pencocokan pola kalimat dan metode forward chaining sebagai metode penalarannya. Metodologi pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode prototyping dan pengujian aplikasi dengan metode Black Box. Penelitian ini menghasilkan aplikasi MechatBot yang dapat membantu pengguna menjawab pertanyaan seputar informasi akademik dengan cepat tanpa menunggu layanan kampus dapat beroperasi kembali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, A. & Setiaji, B. (2014). Pemanfaatan Sentence- Similarity Measurement untuk Proses Pencarian Pola pada Chatbot Berbasis Pattern-Matching,. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia.
Benedictus, R. r., Wowor, H. F., & Sambul, A. (2017). Rancang Bangun Chatbot Helpdesk untuk Sistem Informasi Terpadu Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Informatika, 11(1). https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16557
Bird, S., Klein, E., & Loper, E. (2009). Natural language processing with Python: analyzing text with the natural language toolkit.
Cyntia Lasmi Andesti, W. S. (2022). Diagnosa Penyakit Bells Palsy Menerapkan Metode Tsukamoto. Journal of Science and Technology in the Tropics, 5(1), 3.
Nidhra, S. (2012). Black Box and White Box Testing Techniques - A Literature Review. International Journal of Embedded Systems and Applications, 2(2), 29–50. https://doi.org/10.5121/ijesa.2012.2204
Santo Gitakarma, M., & Putu Ary Sri Tjahyanti, L. (2022). Peranan Internet of Things Dan Kecerdasan Buatan Dalam Teknologi Saat Ini. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 1–8. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/Komteks/article/view/1060/789
Sari, R. P., Rohmah, F. A., & Lestari, I. (2021). Implementation of Artificial Intelligence on Chatbot System for Information Services. International Journal of Computer Science and Information Security.
Statistik, B. P. (2022). Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi (PT) Menurut Provinsi 2020-2022.
Sugiono, S. (2022). Peran Chatbot Dalam Mendukung Smart Service pada Smart Library. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 23(3), 207–220. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v23i3.1343
DOI: https://doi.org/10.46576/device.v4i2.4094
Article Metrics
Abstract view : 202 timesPDF – 164 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Cyntia Lasmi Andesti, Rahmad Dian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:
Member Of :
DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Published by :FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
E-mail : admin_device@dharmawangsa.ac.id
Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device