PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA JUAL FURNITURE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. TERUSAN INDAH PERKASA DI KOMPLEK PERUMAHAN CITRALAND BAGYA CITY KAB. DELI SERDANG

Indah Mutannisa, Umar Hamdan Nasution, Mierna Zulkarnain

Abstract


Perusahaan furniture memang sudah terikat dari kehidupan manusia, karena furniture dibutuhkan untuk melengkapi keperluan hunian yang nyaman. Untuk mendapatkan furniture yang baik, setiap orang pasti akan memilih perusahaan furniture yang sudah terjamin kualitasnya. Perusahaan juga harus menciptakan harga yang terjangkau namun dengan kualitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan harga jual terhadap keputusan pembelian furniture. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Medan pada tahun 2022. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berjumlah 90 orang. Dengan jumlah sampel yang diambil 70 orang konsumen. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitan ini secara parsial menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian furniture dengan nilai thitung < ttabel yaitu -2,828 < 1,996 dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian furniture dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,574 > 1,996. Secara simultan kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian furniture dengan nilai fhitung > ftabel yaitu 6,712 > 3,134. Faktor kualitas produk dan harga mempunyai pengaruh sebesar 16,7% terhadap keputusan pembelian furniture, sedangkan sisanya 83,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 


Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan (2013). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta. Rajawali Press.

Atmaja, J (2018). Kualitas Pelayanan dan Kualitas Nasabah.

Barokah di Balongbendo.

Buchari Alma (2016), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Ekky Suti Wibisono (2019), Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky

Elisa Desy Rinda Putri (2018), Pengaruh Kualitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minat Beli.

Heriyanto, Prabowo dan Yulianeu (2017), “Analisis Pengaruh Persepsi Harga Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Interveningâ€. Jurnal Of Management.

Kotler, Philip (2011), Pemasaran Kontemporer. Penerbit Cipt Pustaka, Bandung.

Kotler, Philip and Gary Amstrong, (2012), Priciple of Marketing. Prentice Hall International, Inc. new Jersey.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller (2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey, Perason Prentice Hall.

Kotler, Philip, and Amstrong, (2013), Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management. 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Machfoedz, M (2013), Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN, Yogyakarta.

Manullang, Mdan Pakpahan, M (2014). Metode Penelitian. Cipta Pustaka Media. Bandung.

Mutia Wulandari (2017), Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merk Pacific (Studi Kasus Pada Pacific Byke Medan Cyling Club).

Nurhayati, Siti (2017), “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Yogyakarta

Rusiadi, et al, (2016), Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan, Medan. USU Press.

Samsul Ramli, (2013), Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Visi Media, Jakarta.

Santoso, Singgih (2012), Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. PT. Alfabet.

Tjiptono, Fandy (2015), Strategi Pemasaran. Edisi 4, Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra (2016), Servive, Quality & Satisfication.

Yogyakarta. Andi




DOI: https://doi.org/10.46576/.v1i1.2137

Article Metrics

Abstract view : 533 times
PDF – 654 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Economic Management and Business Terindeks pada:

  

Member of:


Journal Economic Management and Business Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id

Creative Commons License

Worksheet : Jurnal Manajemen By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index