ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA CV. SYABANI DI PUSAT PASAR MEDAN
Abstract
Penjualan CV. Syabani setiap minggu cukup banyak dan harga yang diberikan juga cukup terjangkau, namun dikarenakan permintaan barang yang cukup tinggi menyebabkan stok yang tersedia di gudang pun cepat habis. CV. Syabani belum menyediakan produk kualitas ORI dikarenakan belum banyak peminatnya, sehingga hanya menyediakan produk tiruannya saja. Promosi CV. Syabani juga belum optimal dikarenakan hanya mempromosikan produknya melalui WhatsApp saja, tidak melakukan penjualan melalui media sosial seperti Tiktok, instagram, facebook. Identifiksi masalah mencakup ketersediaan barang tidak lengkap, kurangnya strategi pemasaran, konsumen menginginkan harga murah dengan kualitas yang unggul. Objek penelitian meliputi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk pada CV. Syabani. Informan penelitian mencakup pemilik, karyawan, dan konsumen CV. Syabani. Jenis Data berupa data kualitatif melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan menggunakan data primer dan sekunder. Keterlibatan konsumen dalam membeli produk pakaian sangat tinggi, dikarenakan produk pakaian memiliki harga yang cukup mahal bagi konsumen (bukan produk yang murah), tingkat kesadaran masyarakat akan brand – brand ternama dengan kualitas yang bagus merupakan salah satu pilihan produk yang memperhatikan ketahanan bahan yang bisa tahan lama dan tidak mudah luntur, adanya resiko pembelian brand – brand tertentu yang mengakibatkan kenyamanan konsumen dalam menggunakan pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh konsumen yang nyaman digunakan, Semakin banyaknya brand yang ada di pasar menyebabkan konsumen semakin mempunyai banyak pilihan, sehingga konsumen dapat memilih suatu brand yang terbaik diantara berbagai alternatif brand ternama. Pencarian informasi mengenai keunggulan produk yang akan dibeli, ketika konsumen puas dengan brand yang dibeli, maka mereka akan cenderung mengingat-ingat merek tersebut untuk pembelian brand pakaian berikutnya.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Keputusan PembelianFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v7i2.3348
Article Metrics
Abstract view : 705 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 5174 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate
JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :
MEMBER OF :
BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :
BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id
Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index