PENGARUH PERAN SUPERVISOR DAN BRIEFING TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ASTRA HONDA MOTOR TITIPAPAN MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Adanya penambahan beban kerja pada perusahaan yang menuntut peningkatan produktivitas karyawan masih terdapat keluhan dari konsumen karena kesalahan karyawan terutama proses administrasi, masih kurangnya pengetahuan karyawan tentang peraturan keselamatan terutama karyawan baru serta koordinasi dan kerjasama antar karyawan belum terjalin dengan baik dan kurangnya komunikasi antara atasan dan bawahan inilah yang masih menjadi permasalahan pada PT. Astra Honda Motor Titipapan Medan. Popluasi meliputi konsumen PT Astra Honda Motor Titipapan Medan yang berjumlah 229 orang. Sample berjumlah sampel 70 responden. Jenis dan sumber data (data primer dan data sekunder). Metode pengumpulan data (pengamatan, wawancara, studi dokumentasi, kuesioner). Teknik Analisis Data (uji validitas, uji realibitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas), pengujian hipotesis (regresi linear berganda, uji t, uji F, uji determinasi)). Hasil penelitian dengan Uji t (parsial) diperoleh nilai t-hitung variabel Peran Supervisor (X1) sebesar 3,331 > t-tabel =1,66827, artinya Ho ditolak dan H1 diterima, maka Peran Supervisor (X1) secara parsial memiliki pengaruh terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Astra Honda Motor Titipapan Medan. Uji t (parsial) diperoleh nilai t-hitung Briefing (X2) sebesar 3,026 > t-tabel =1,66827, artinya Ho ditolak dan H2 diterima, jadi variabel Briefing (X2) secara parsial memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. Astra Honda Motor Titipapan Medan. Uji F (simultan) nilai F-hitung variabel Peran Supervisor (X1) dan Briefing (X2) sebesar 9,422 > F-tabel = 2,74, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H3 dapat diterima yaitu variabel Peran Supervisor (X1) dan Briefing (X2) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Astra Honda Motor Titipapan Medan.
Kata Kunci  : Peran Supervisor, Briefing dan Kinerja Karyawan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v7i2.3351
Article Metrics
Abstract view : 265 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 384 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate
JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :
MEMBER OF :
BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :
BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id
Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index