PENGARUH BRANDING DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK OREO PADA PT. MONDELEZ INDONESIA DI MEDAN

Delviere Delviere, M. Amri Nasution, Al Firah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh branding dan preferensi konsumen terhadap volume penjualan produk Oreo pada PT. Mondelez Indonesia di Medan. Branding adalah strategi penting yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan identitas produk yang kuat di benak konsumen. Preferensi konsumen merujuk pada kecenderungan konsumen dalam memilih produk tertentu dibandingkan produk lainnya. Kedua faktor ini dianggap memiliki peran yang signifikan dalam menentukan tingkat penjualan produk.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 149 responden yang merupakan konsumen Oreo di Medan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh branding dan preferensi konsumen terhadap volume penjualan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan produk Oreo. Selain itu, preferensi konsumen juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan produk. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik strategi branding yang diterapkan dan semakin tinggi preferensi konsumen terhadap produk Oreo, maka volume penjualan produk akan semakin meningkat. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi PT. Mondelez Indonesia untuk terus meningkatkan strategi branding mereka serta memperhatikan preferensi konsumen guna meningkatkan volume penjualan produk Oreo di Medan.


Keywords


Branding, Preferensi Konsumen, Volume Penjualan.

References


Arikunto,S.(2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Keller,K.L.Parameswaran,A.M,&Jacob,I. (2019). Strategic Brand Management: Building,Measuring, And Managing Brand Equit.Newyork city : Pearson Education.

Nadja, R,A, Halimah,A.S &Hikmawaty (2023).Preferensi Konsumen Terhadap Pangan,NEM.

Stapelton, Hartson. (2013). Manajemen Pemasaran, Jakarta. PT. Gramedia.

Sugiyono, (2013), Metedelogi Penelitian Kuatitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Sumawarman,Ujang,M (2015), Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapan dalam Pemasaran . Bogor : Ghalia Indonesia .

Ernawati,R.,Dwi,A.B&Argo,J.G (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga,Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E –Commerce Zalora Di Jakarta. Jurnal (BMAJ).200-218.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v9i2.5816

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index