STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA PT. NIPSEA PAINT AND CHEMICALS MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen di PT. Nipsea Paint and Chemicals Medan, (2) untuk mengetahui dan menganalisis tantangan dalam mempertahankan produk Nippont Paint
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berlokasi di Kantor PT. Nipsea Paint and Chemicals yang beralamat di Jl. Yos Sudarso KM.83 Tanjung Mulia Medan, Provinsi Sumatera Utara. Informan berjumlah sembilan orang yang terdiri dari satu orang Manager Depot, satu orang Kepala Admin, satu orang Bendahara, satu orang Kepala Gudang, satu orang Supervisor, satu orang Checker dan tiga orang Sales. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah melalui data primer yaitu observasi, wawancara dan data sekunder yaitu berupa buku-buku, jurnal, makalah, artikel, dan berbagai tulisan lainnya. Analisis Miles dan Hubermen adalah yaitu (1) reduksi Data (Data Reduction), (2) Penyajian Data (Data Display), (3) penarikan Kesimpulan/verifikasi (conclusion Drawing/verification. Analisis data berdasarkan hasil wawancara dan sumber data yang didapat maka strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen di PT. Nipsea Paint And Chemicals Medan terdiri dari a). Periklanan, b). Promosi Penjualan, c). Hubungan Masyarakat dan Publisitas, d). Penjualan Pribadi, e).Pemasaran Langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor terpenting untuk meningkatkan jumlah konsumen adalah dengan strategi komunikasi pemasaran melalui metode periklanan seperti menyebarkan iklan di media, baik itu media sosial, elektronik ataupun cetak yang dapat membuat produk yang diproduksi diketahui oleh masyarakat. Tantangan terbesar yang paling mempengaruhi dalam meningkatkan jumlah konsumen di PT. Nipsea Paint And Chemicals Medan adalah faktor persaingan dan kompetitor.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Konsumen PT. Nipsea Paint And Chemicals Medan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v5i2.2259
Article Metrics
Abstract view : 1296 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 782 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Reza Lubis, Cut Alma Nuraflah, Muhammad Luthfi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index