STRATEGI PENYIARAN RADIO RAMA FM BANDUNG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MEDIA ONLINE

Tri Agung Nugraha Buana Wijaya, Muhamad Riki Maulana, Muhammad Ilham Akbar

Abstract


Perkembangan teknologi menciptakan banyak media informasi dan komunikasi yang mudah di akses oleh masyarakat, salah satunya adalah radio. Akan tetapi, di era modern ini, media radio menghadapi persaingan yang ketat dengan media-media online yang cenderung lebih mudah dan banyak diakses masyarakat. Oleh karena itu, Radio Rama FM Bandung perlu merancang dan mengimplementasikan strategi penyiaran yang relevan dengan kondisi masyarakat saat ini sehingga mampu bersaing dengan media-media online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya dalam menghadapi dan mempertahankan eksistensi dalam persaingan di era media online, Radio Rama FM menggunakan strategi penyiaran yang meliputi fact finding, planning, communication, branding, dan evaluation. Dalam membuat program penyiaran yang banyak didengarkan masyarakat, Radio Rama FM Bandung melakukan riset mengenai minat masyarakat itu sendiri. Selain itu, Radio Rama FM tidak hanya mengandalkan penyiaran on air dalam bersaing di era media online, akan tetapi juga memanfaatkan promosi dengan mengadakan event off air dan melakukan promosi lewat media online itu sendiri sehingga lebih adaptif dalam mengikuti perkembangan zaman

Keywords


Strategi penyiaran, Radio, Media online

Full Text:

PDF

References


Budiarti, L. (2021). Asyiknya Jadi Penyiar Radio. Guepedia.

Gama, M. A. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Tjangkir 13. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 148–153.

Ikhwan, M. (2022). Manajemen Media Kontemporer: Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital. Jakarta: Prenada Media.

Karauan, T. A., Boham, A., Onsu, R. (2018). Strategi Penyiaran Radio Motion FM Manado Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pendengar. Acta Diurna Komunikasi, 7(4).

Maharani, D. (2021). Strategi RRI (Radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar di Era Digitalisasi Penyiaran. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1): 1-11.

Moleong, lexy J. (2014). Metode Penelitian kualitatif (revisi). Bandung: RemajaRos Nasution, N. (2018). Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Kiss Fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2): 167-178.

Morissan. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi Edisi. Revisi. Jakarta: Kencana.

Novia, D. H., Simbolon, B. R. (2019). Strategi Komunikasi Penyiar Radio SLA FM 105.6 Mhz Takengon Kabupaten Aceh Tengah Dalam Meningkatkan Minat Pendengar. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 4(1): 1-13.

Rahayu, T. Y., Rosmalah, K., Katili, D. (2019). Strategi Program Radio Dalam Mempertahankan Eksistensinya. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, dan Budaya, 4(1): 139-153.

Rahmi, W., & Darmawati. (2021). Strategi Penyiar Radio Suara Safasindo 98.2 FM Payakumbuh dalam Mempertahankan Kualitas dan Eksistensi Siaran. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 3 (4): 186-195.

Saragih, K. R. M., Purba, F., Sipayung, T. (2021). Strategi Komunikasi Penyiar Radio KARINA Pematangsiantar Dalam Program Nostalgia. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 3(2): 187-195.

Saputro, D. R. (2020). Strategi Penyiaran Radio Komunitas di Era Internet (Studi pada Radio Komunitas di Purwokerto). At-Tabyir: Jurnal Komunikasi Islam, 7(1): 160-181.

Sinaga, C. N. A. P. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1): 1-16.

Sugiyono. (2019). Metoe Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tiara, E., & Oktaviani, F.(2021). Strategi PR Radio Dahlia dalam Menghadapi Persaingan di Era Industri 4.0. AL-KALAM: Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen, 8(2): 22-37.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i1.4226

Article Metrics

Abstract view : 236 times
PDF – 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tri Agung Nugraha Buana Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index