PERAN YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA MTS ZIA SALSABILA BANDAR SETIA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran youtube dalam pembelajaran pada siswa MTS Zia Salsabila Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan ialah model interaktif Miles dan Huberman. Wawancara dilakukan kepada 2 orang Guru dan 10 siswa dari kelas VII dan VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video dari youtube yang dijadikan media pembelajaran memiliki peran yang baik dalam menumbuhkan semangat belajar dan menarik perhatian para siswa untuk lebih fokus dalam mengikuti kegiatan belajar. Siswa juga lebih mudah untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Handaya Andika (2014), Berani Sukses Karna Andal Memakai
Youtube, (Yogyakarta :Mediakom).
Harapan Edi, M.pd., Dr.H. Syarwani Ahmad, M.M. Januari (2016) cetakan ke-2. Helianthusonfri Jefferly (2014), Youtube Marketing,(Jakarta : PT. Gramedia),
Komunikasi antarpribadi : perilaku insani dalam organisasi pendidikan.
Jalinus Nizwardi (2016), Media dan Sumber Pembelajaran (Jakarta: Kencana).
Jampel Nyoman, M.Pd, M.pd (2016), Komunikasi Massa ( Singaraja, Novemper). Khasidah Dan Putri (2021), Buku Hambatan Komunikasi.
Mulyana, Deddy, ( 2019), Ilmu komunikasi Suatu pengantar, Cetakan XVIII, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Roudhonah (2017), Buku Ilmu Komunikasi.
Sindang, E. (2013). Manfaat media sosial dalam ranah pendidikan dan pelatihan. Jakarta: Pusdiklat KNPK.
Abdullah, S. D. A. (2018) Peran Hanan Attaki Dalam Membangun Persepsi Generasi Milenial Tentang Tuhan (Analisis Isi Atas Video “Kangen” di Youtube), Raushan Fikr.
Aji, H. K., Hendro, F. and Putro, A. (2018) „Youtube As A Learning Medium (Communication Student Perceptions of Using Youtube Channels as an Alternative Medium of Learning in the Digital Age ).
Elvira, S. (2019). Hubungan Obesitas Dengan Perilaku Screen Time Pada Anak Umur 11-14 Tahun Di SMP Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).
Fauzan Ahmad Hasyim (2015), “Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) SebagaiUpaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran”, Ar- Risalah.
Lestaru Nur Gina Dewi (2014), Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis.
Lusius Kharismawan Sindudisastra dan Rustiana (2014), “Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal”, Modus Vol. 26 No. 1, ISSN 0852-1875, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Mujianto Haryadi (2019), Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar, Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, P-ISSN: 2461-0836; E-ISSN: 2580-538X,Vol. 5; No. 1.
Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., & Pakpahan,
N. S. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica.
Putra, G. L. A. K. (2019). Pemanfaatan Animasi Promosi dalam Media Youtube.
In SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur).
Saraswati Ekarini (2018), Peran Youtube Dalam Menunjang Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sma, Jurnal Pendidikan.
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study.
Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan Youtube di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW.
Teddy Dyatmika, Ilmu Komunikasi /Syamsul bakhri,M.Sos (cetakan 1, Mei 2021), Penggunaan Media Sosial Sebagai Penguasaan Dasar Dasar Fotografi Ponsel, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
UNP. (2015). Peraturan Akademik Universitas Negeri Padang. Padang: UNP. Usman hamid, Dynamo : Digital Nation Movement.(Yogyakarta :
BentangPustaka).
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i1.4317
Article Metrics
Abstract view : 132 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 98 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Herlina Nasution, Cut Alma Nuraflah, Muya Syaroh Iwanda Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index