STRATEGI PERSONAL BRANDING DALAM MENINGKATKAN CITRA SMA DHARMAWANGSA MEDAN

Putri Nabila Reizky, Maria Ulfa Batoebara, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Strategi merupakan suatu tindakan atau alat yang dilakukan suatu organisasi untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya yang ada dengan aturan kondisi atau situasi lingkungannya dan dapat dikatakan bahwa strategi adalah rancangan jangka panjang yang diimplementasikan dalam seluruh proses bisnis untuk menghadapi persaingan dan mencapai visi perusahaan. lembaga pendidikan harus bisa mengembangkan brand yang dimiliki dengan memunculkan inovasi baru unuk menemukan ide dalam meningkatkan brand agar mampu berdaya saing antar lembaga. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan personal branding di SMA Dharmawangsa, Elemen branding yang dikembangkan di SMA Dharmawangsa Medan, Penerapan strategi personal branding di SMA Dharmawangsa, dan Dampak personal branding di SMA Dharmawangsa. teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian konsep branding dari SMA Dharmawangsa Medan yaitu sekolah memiliki upaya dalam memajukan lembaga dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara membentuk branding yang dapat diterima masyarakat.
Personal branding bisa menjadi sebuah sarana untuk membentuk wawasan masyarakat terhadap sudut pandang yang dimiliki seseorang, mempertimbangkan identitas, kapasitas atau nilai-nilai dan bagaimana guncangan tersebut dapat memunculkan pengakuan positif dari masyarakat. Karena Bagi lembaga pendidikan, Branding juga berfungsi sebagai kekuatan dan pembeda. Dalam dunia pendidikan biasanya brand terlihat dari bagaimana sekolah dalam menciptakan merek sebagai tanda pengenal dari sekolah tersebut dikalangan masyarakat sekitar citra merek (brand image) adalah deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu.


Keywords


Strategi, Personal Branding, Citra, SMA Dharmawangsa

References


Aimel Helelnel dkk, “Manajelmeln Stratelgi”, Hlm. 55.

David, Freld, R. 2015. Stratelgic Managelmelnt Manajelmeln Stratelgi Konselp,. Eldisi 12. Jakarta:

Salelmba Elmpat.

Gelral A. Michaellson dan Stelveln W. Michaellson, Suln Tzul Stratelgi Ulsaha Pelnjulalan, (Batam:

Karisma Pulblishing Groulp, 2004), h. 8

Hood, T. (2006). Pelrsonal Brandwagon. Elcadelmy Prelss.

Jasfar, Farida. 2009. Manajelmeln Jasa. Bogor : Ghalia Indonelsia.

Kelrtajaya, Helrmawan. 2007. Positioning, Diffelrelnsiasi, dan Brand. Jakarta: Grameldia

Pulstaka Ultama.

Mulrniati & Nasir Ulsman, AR. 2015. Implelmelntasi Manajelmeln Stratelgi Dalam Pelmbelrdayaan

Selkolah Melnelngah Keljulrulan. Bandulng: Cipta pulstaka Meldia Pelrintis.

McNally, D., & Spelak, K. D. (2012). Bel Youlr Own Brand: Achielvel Morel of What Youl Want

by Beling Morel of Who Youl Arel. San Francisco: Belrreltt Koelhlelr Pulblishelrs. Mullyana, iman. Citra Pelrulsahaan. www.el-iman.ulni.cc [03 Delselmbelr 2013].

O'Brieln, T. (2007). Sior Profelssional Relport Archivel. dari

SIOR:http://www.sior.com/relsoulrcels/siorrelport/profelssionalrelportarchivel/profelssiona

l-relport- archivel-past-printissulels.

Rangkulti, Frelddy. 2013. Telknik Melmbeldah Kasuls Bisnis Analisis SWOT Cara. Pelrhitulngan

Bobot, Rating, dan OCAI. Pelnelrbit PT. Grameldia Pulstaka.

Rangkulti, Frelddy. 2015 Analisis SWOT. Jakarta : PT Grameldia Pulstaka Ultama. Rampelrsa.Hulbelrt K.2008. Sulksels Melmbanguln Aulthelntic Pelrsonal Branding. Jakarta: PPM. Sulgiyono. (2019). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif dan R&D. Alfabelta.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4450

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Nabila Reizky

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index