STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUJUNGAN WISATAWAN DI PANTAI MARBORO DESA BALOBONE KECAMATAN MAWASANGKA INDUK KABUPATEN BUTON TENGAH
Abstract
Sebagian negara kekayaan alam yang melimpah, indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang yang memiliki berbagai potensi yang besar hampir di segala sektor, salah satunya pariwisata. Pariwisata dianggap menjadi bagian dari sektor ekonomi penting bagi negara, dimana pariwisata seara langsung memberikan kontribusi. Buton tengah merupakan daerah yang banyak memiliki destinasi wisata yang indah yang belum banyak diketahui banyak orang. Salah satunya wisata pantai marboro yang terletak di desa balobone kecamatan mawasangka, buton tengah. Penelitian ini lakukan karena destinasi wisata di desa balobone yaitu pantai marboro kurang pengujung minat wisata wisatawan lokal dan domestik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Awareness, Interest, Desire, Decision, dan Action dalam strategi komunikasi pariwisata desa balobone kecamatan mawasangka kabupaten buton tengah yang digunakan dalam penelitian ini adalah AIDDA yaitu Awareness, Interest, Desire, Decision, dan Action. Metode ini yang digunakan adalah analisi deskriptif dengan pendekatan kuliatatif. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah wawancara dan obsevasi. Berdasarkan hasil penelitian adalah bahwa strategi komunikasi pariwisata di desa balobone memliki potensi yang baik tetapi belum sepenuhnyaeffektif. Terdapat beberapa kendala seperti konflik sosial dan ketersediaan fasilitas yang mempengaruhi optimalisasi promosi. Selain itu, kebutuhan akan peningkatan kualitas infrastruktur dan fasilitas seprti toilet umum dan gajebo, serta kebutuhan untuk memperluas promosi untuk mencapai pengakuan yang lebih luas, menunjukan bahawa masi ada ruang untuk perbaikan agar straregi komunikasi lebih efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adesia. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai di Kecamatan Wabula Kabupaten Buton. Universitas Muhammadiyah
Agustin, A. (2018). Strategi Pemerintah Desa dalam Pengembangan Desa
Anggun. (2022). Strategi Pemerintah Dalam Melestarikan Wisata. Universitas Brawijaya.
Avinda, C. B., Sudiarta, I. N., & Karini, N. M. (2016). Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata). Jurnal IPTA.
Ayustiani, H., & Saksono, L. (2019). Interaksi Simbolik Tokoh Dalam Novel Demian: Die Geschichte Von Emil Sinclair Jugend Karya Hermann Hesse. IDENTITAET.
Indraswar, D. P. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Riau dalam Mempromosikan Festival Subayang Sebagai Upaya Menarik Wisatawan. https://dspace.ui.ac.id/handle/123456789/38264
Izwan, I. (2022). Community Based Tourism Dalam Mempromosikan Objek Wisata Benteng Keraton Buton (Studi pada Dinas Pariwisata Kota Baubau). Universitas Muhammadiyah Malang. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar.
Muhammad Al Farabi, (2022). Strategi Promosi Destinasi Wisata Religi
Prabowo, A. A. (2021). Strategi Komunikasi Penguatan Branding Wisata Desa
Ramli, A. (2022). Strategi Komunikasi Pariwisata PT. Asia Wisata Pegunungan Lawu. Mandiri Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Asia Farm. Jurnal IImu Komunikasi (JKMS).
Resti, R. (2018). Strategi Pemerintah Desa Dalam Mengembangkan Objek Wisata Pantai Meleura Di Desa Lakarinta Kecamatan Lohia Kabupaten Muna. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi http://ojs.uho.ac.id/index.php/ppg/article/view/4828
Sadede, M., Boham, A., & Runtuwene, A. (2019). Peranan Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Bitung Guna Meningkatkan Pengetahuan Berbahasa Inggris Masyarakat Dalam Melayani Wisatawan Di Pulau Lembeh. Acta Diurna Komunikasi.
Sahirah, N. (2022). Strategi Branding Asia Heritage Sebagai Situs Pariwisata di Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sari, R. L., Diana, Z. A., & Maulina, S. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Pantai Glagah Wangi Desa Tambak Bulusan. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Satria, A. A., & RAMLI, R. (2019). Potensi Objek Wisata Di Kecamatan Wabula Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi.
Sinuhaji, V. V., Siregar, N. S. S., & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi). Jurnal limu Pemerintahan, Administrasi Publik,Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM).
Suriyani, B. B., Manguntara, L., Abdullah, M. Z., & others. (2022). Upaya Pemerintah Daerah Dalam Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Buton Tengah. Journal Publicuho.
Vivian, N., & Nursalam, L. (2019). Pengembangan Obyek Wisata Pantai Koguna Terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Mopaano Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi. https://doi.org/10.36709/jppg.v4i3.8343
Wahyuni, S., & Nuraeni, Y. (2023). Perencanaan Program Komunikasi Pariwisata dalam Pengembangan Wisata Muslim Friendly di Kawasan Jakarta Pusat. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4953
Article Metrics
Abstract view : 33 timesPDF – 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 ica nirwanti, harry fajar maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index