APPLE VS SAMSUNG: SEBUAH ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM DRAMA KOREA “THE GLORY”
Abstract
“The Glory” merupakan salah satu drama Korea yang memiliki banyak peminat pada tahun 2023. “The Glory” diangkat dari kisah nyata tentang perundungan tragis seorang remaja SMA di sekolahnya. Terdapat banyak adegan menegangkan dan menarik di dalam drama Korea ini, salah satunya adalah penampilan produk teknologi unggulan Negara Korea Selatan yaitu Samsung dan saingannya yaitu Apple. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah penelitian ini ke dalam beberapa item: Apa makna drama Korea “The Glory” berdasarkan makna ikon, indeks dan simbol dengan topik utama pembahasan mengenai persaingan Samsung dan Apple. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualtitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui semiotika yang terkandung di dalam drama Korea “The Glory.” Teknik pengumpulan data diterapkan dengan dua cara, yaitu observasi non-partisipan dan studi dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data dengan memilih metode Charles Sanders Peirce yang memuat tiga hal diantaranya ikon, indeks dan simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa adegan yang menampilkan dua produk teknologi unggulan yaitu Samsung dan Apple, ternyata memiliki makna persaingan sengit diantara kedua merk tersebut yang menjadi representasi di dalam penelitian ini. menampilkan persaingan diantara kedua merk gadget. Persaingan terlihat dari konteks cerita yang mengunggulkan produk Samsung dan menaruh Apple di posisi yang negatif. Hal tersebut sejalan dengan Sejarah persidangan diantara kedua merk pada tahun 2018 silam, dimana Apple menggugat Samsung atas tuduhan penjiplakan dan Samsung dinyatakan bersalah serta harus membayar denda dengan jumlah yang sangat banyak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annur, C. M. (2024). Geser Samsung, Apple Jadi Produsen Smartphone Terlaris 2023. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2024/01/17/Geser-Samsung-Apple-Jadi-Produsen-Smartphone-Terlaris-2023.
Kriyantono, R. (2021). Teknik Praktis Riset Komunikasi (6th ed.). Kencana.
Maulida, L., & Pertiwi, W. K. (2024). Apple dan Samsung Kuasai Pasar Smartphone Dunia 2023 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Apple dan Samsung Kuasai Pasar Smartphone Dunia 2023”, Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2024/02/02/08000057/apple-dan-samsung-kuasai-pasar-smartphone-dunia-2023?page=all. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6. Https://Tekno.Kompas.Com/Read/2024/02/02/08000057/Apple-Dan-Samsung-Kuasai-Pasar-Smartphone-Dunia-2023?Page=all.
Ramayanis, D., Maharani, A. P., Komar Ali Sufi, & Fitri Ayu Nofirda. (2023). Perbandingan Manajemen Strategi Harga Jual Antara Iphone dan Android. Jurnal Pendidikan Tambusai Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 7(3).
Rambe, H. T., Syahrul Abidin, & Achiriah. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA FILM NEGERI DI BAWAH KABUT. Berajah JournalJurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(4).
Sobur, A. (2017). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sri Wahyu Handayani, & Sutanto. (2023). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE APPLE. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 167–180. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.774
Supiandi, H., & Elyta, E. (2023). Representasi Nilai Budaya Bahtuk: Film Dokumenter Sungkung Warisan Budaya di Tengah Rimba. Inovative: Journal of Social Science Research , 3(2).
Susbiyantoro, Caroline, Aninam, J., & Nugraha, A. R. (2023). Analisis Perbandingan Merek Smartphone Apple dan Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Swasta di Jakarta. Jurnal EMT KITA, 7(4), 950–963. https://doi.org/10.35870/emt.v7i4.1547
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.5412
Article Metrics
Abstract view : 45 timesPDF – 18 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rafiqah Yusna Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index