PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN KONSUMEN DI SANDANG MAS INDONESIA

Yosinta Andika Putri

Abstract


ABSTRAK
Komunikasi pemasaran digunakan dalam dunia bisnis untuk mempertahankan produk dengan basis konsumen, dan untuk membangun hubungan antara konsumen dan penyuplai atau pemasok. penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dengan teknik wawancara kepada informan dan observasi dilapangan. Analisis data yang dilakukan peneitian ini adalah model deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa yang dilakukan Usaha Dagang Sandang Mas Indonesia dalam mempertahankan konsumennya adalah dengan terus melakukan komunikasi pemasaran yang baik dan selalu men followup konsumen untuk memberikan penawaran. Usaha Dagang Sandang Mas Indonesia selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen dengan selalu menjalin komunikasi serta memberikan produk yang baik ke konsumen.
Kata Kunci: Komunikasi, Pemasaran, Konsumen




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.851

Article Metrics

Abstract view : 857 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 2716 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yosinta Andika Putri



Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index