IMPLEMENTASI TRANPARANSI PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN ADMINISTRASI IZIN BERLAYAR PADA KANTOR KESYAHBANDARAN UTAMA BELAWAN MEDAN
Abstract
Transparansi pelayanan sangatlah penting bagi instansi pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan publik, karena dengan adanya transparansi pelayanan maka masyarakat dapat dengan mudah mengetahui informasi atau akses tentang prosedur-prosedur dalam pelayanan yang diberikan oleh instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan, mengukur dan menganalisa Implementasi Transparansi Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Administrasi Izin Berlayar Pada Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data dilakukan melalui quesioner (angket), observasi dan dokumentasi terhadap informan dalam penerapan transparansi pelayanan publik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Transparansi Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Administrasi Izin Berlayar dengan metode Pusat Pelayanan Satu Pintu (PPSP) di Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan sudah sepenuhnya diterapkan. Hal ini dapat diukur dari indikator transparansi pelayanan yang diterima oleh penerima layanan dengan tingkat kepuasan yang tinggi dengan transparansi pelayanan yang diberikan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v9i2.2687
Article Metrics
Abstract view : 175 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 264 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Publik Reform
JURNAL PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at