PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA MEDAN
Abstract
Tuntutan untuk mewujudkan administrasi negara yang mampu mendukung kelancaran dan keterpaduan pelaksanaan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahannegara dan pembangunan, menuntut pelaksanaan good governance, dan Good Governance ini berlaku pada setiap pemerintahan daerah yang sangat diperlukan dalam penyelenggaraan otonomi daerah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana pengaruh pelaksanaan prinsip-prinsip Good Governance Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai diKantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medanâ€.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa besar peranan penerapan Good Governance terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan.
Penerapan Prinsip-prinsip Good Governance yang dilakukan di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan ini diketegorikan efektif yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,02 yang berada pada interval 3,40 – 4,19.
Efektivitas kerja pegawai yang dilakukan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan ini dikategorikan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,98 yang berada pada interval 3,40 – 4,19.
Koefisien korelasi antara Good Governance dengan Efektivitas kerja pegawai adalah sebesar 0,537 artinya adanya peranan yang sedang antara Penerapan Good Governance untuk meningkatkan Efektivitas kerja pegawai, karena termasuk kategori 0,40 – 0,599, besarnya peranan Good Governance untuk meningkatkan efektivitas kerja pegawai adalah sebesar 28,83% dan sisanya 71,17% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti.
Berdasarkan uji t di dapat thitung > t tabel atau 4,410 > 1,678, maka terbukti bahwa adanya pengaruh penerapan prinsip-prinsip Good Governance terhadap efektivitas kerja pegawai. Maka, hipotesis yang diajukan yaitu : “jika penerapan prinsip-prinsip GoodGovernance berjalan dengan efektif maka Efektivitas kerja pegawai akan tinggiâ€, dapat diterima.
Penerapan Prinsip-prinsip Good Governance yang dilakukan di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan ini diketegorikan efektif yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,02 yang berada pada interval 3,40 – 4,19.
Efektivitas kerja pegawai yang dilakukan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan ini dikategorikan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,98 yang berada pada interval 3,40 – 4,19.
Koefisien korelasi antara Good Governance dengan Efektivitas kerja pegawai adalah sebesar 0,537 artinya adanya peranan yang sedang antara Penerapan Good Governance untuk meningkatkan Efektivitas kerja pegawai, karena termasuk kategori 0,40 – 0,599, besarnya peranan Good Governance untuk meningkatkan efektivitas kerja pegawai adalah sebesar 28,83% dan sisanya 71,17% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti.
Berdasarkan uji t di dapat thitung > t tabel atau 4,410 > 1,678, maka terbukti bahwa adanya pengaruh penerapan prinsip-prinsip Good Governance terhadap efektivitas kerja pegawai. Maka, hipotesis yang diajukan yaitu : “jika penerapan prinsip-prinsip GoodGovernance berjalan dengan efektif maka Efektivitas kerja pegawai akan tinggiâ€, dapat diterima.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v2i2.301
Article Metrics
Abstract view : 365 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 1533 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Publik
JURNAL PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at