PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SENTRA PELAYANAN KEPOLISIAN TERPADU (SPKT) DALAM MENANGGAPI PENGADUAN MASYARAKAT DI POLSEK MEDAN BARU

Anwar Sadat

Abstract


ABSTRAK
Saat ini masyarakat sangat membutuhkan pelayanan namun pelayanan yang diberikan pemerintah masih kurang optimal, terutama untuk pelayanan kepolisian, karena masih banyaknya kasus-kasus yang diadukan oleh masyarakat yang tidak ditindak lanjuti oleh pihak kepolisian dengan alasan yang tidak jelas. Maka dengan fakta tesebut, menuntut pihak kepolisian untuk segera memperbaiki pelayanan publik, khusunya bagian SPKT. Oleh kerana itu peningkatan pelayanan di SPKT sangatlah penting. Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik mengambil judul “ PegaruhKualitas Pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisian terpadu (SPKT) Dalam menanggapi pengaduan masyarakat di Polsek Medan Baruâ€
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan fokus penelitian ialah menggunakan lima indikator pelayanan antara lain: responsivitas, kesopanan, akses, komunikasi dan atribut pendukung pelayanan dalam pelaksanaan SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) dan indikator menanggapi kepuasan masyarakat antara lain : kecepatan waktu, profesional, toleransi, tanggung jawab dan fasilitas. Penelitian ini dilakukan dikantor Polsek Medan Baru jl Nibung Raya No 1 Petisah Tengah. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah laporan masyarakat yang ada di Polsek medan baru sebanyak 144 laporan
299 | Edisi III No.1 Januari-Juni 2018 I Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN
dibulan September, sedangkan sample penelitian sebanyak 40 responden ditentukan berdasarkan teknik Quota Propotional Random Sampling. Pengumpulan data melalui angket penelitian, sedangkan teknik analisa data menggunakan korelasi Product Moment, uji determinasi, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisianm Terpadu (SPKT) terutama dibagian SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) dengan menggunakan 10 indikator yaitu : responsivitas, kesopanan, akses, komunikasi atribut pendukung pelayanan, ketepatan waktu, profesional, toleransi, tanggung jawab dan fasilitas, dari indikator tersebut antara Pelayanan SPKT (X) dalam menanggapi kepuasan masyarakat (Y) adalah sebesar 0,657 dengan tingkat signifikan 0,000. Jika memperhatikan besarnya angka ð‘Ÿ= 0,657 dan tingkat signifikansi 0,000 maka keadaan ini menunjukkan adanya korelasi sangat kuat secara positif yang sangat signifikan
Kata kunci: Pengaruh Kualitas Pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT)




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v3i0.341

Article Metrics

Abstract view : 625 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 2246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

JURNAL PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index