PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI KANTOR DI DINAS SOSIAL PROVINSI SUMATERA UTARA
Abstract
Dalam struktur organisasi pemerintah diindonesia, dinas sosial adalah unsur pelaksanaan tugas pemerintah daerah dibidang sosial berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan, yang dipimpin oleh kepala dinas yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada walikota melalui sekertariat daerah. Perangkat yang dimaksud ialah terdiri dari kepala dinas yang dibantu oleh sekertariat yang meliputi pengelolaan administrasi umum, keuangan, dan penyususnan program serta fasilitas pengoordinasian penyusunan kebijakan dan pelaksanaan tugas kepala dinas yang memiliki 3(tiga) sub bagian antara lain : 1) sub bagian umum dan kepegawaian, 2) sub bagian keuangan, dan 3) sub bagian program, akuntabilitas dan akuntabilitas publik. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya peran pemimpin sangat penting dan mempengaruhi kinerja pegawainya.Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang dapat peneliti ambil dari peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja pegawai pada kantor dinas sosial provinsi sumatera utara adalah dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai seorang pemimpin terdapat 3 (tiga) indikator peranan seorang pemimpin yakni peranan bersifat pribadi, peranan membuat keputusan dan peranan bersifat informasi. Yang sudah cukup baik dijalankan mulai dari perencanaan, penggarahan, pengawasan, motivasi, pengendalian dan sikap. Sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawainya walaupun hasil kinerjanya belum semaksimal mungkin. Disebabkan oleh, kurangnya kedisplinan dan kualitas kerja pegawai dalam menjalankan tugasnya. Peneliti melakukan wawancara dengan informan 1 sampai 7 dengan mendapat kesimpulan bahwa peran pemimpin yang dilakukan oleh kepala dinas sosial provsu sudah cukup baik. Namun, terdapat beberapa pegawai yang kurang disiplin dan kualitas kerja yang masih kurang yang disebabkan kurangnya ketegasan yang diberikan oleh pemimpin kepada pegawainya. Ini perlu menjadi perhatian instansi dan diharapkan mampu menggubahnya agar kinerja yang dilakukan oleh pegawai bisa semaksimal mungkin dan mewujudkan visi-misi yang telah ditetapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahrumi Suganda. 2019. Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (studi pada PT.BPRS AMAN SYARIAH SEKAMPUNG) skripsi.
Gomes, Faustino Cardoso, 2013, manajemen sumber daya manusia, andi, Yogyakarta.
Gurinto dan waridin. 2005. Pengaruh persepsi karyawan mengenai perilaku kepemimpinan, keputusan kerja dan motivasi terhadap kinerja. JRBI.
Herjuliani. 2017. Analisis Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Melayu Kota Piring Tanjung Pinang.
Kasmir (2016). “manajemen sumber daya manusia(teori dan praktek), depok PT rajagrafindo persada.
Kurniasari, R. 2018. pemberian motivasi serta dampaknya terhadap kinerja karyawan pada perusahaan. Jakarta, II(1), 32-39.
Mangkunegara, A.P. 2001 manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung : remaja rosdakarya
Mathis Robert, Jackson Jhon. 2002. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: salemba empat.
Moelong. 2011. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Rosda
Mulyadi, D. (2015). “perilaku organisasi dan kepemimpinan pelayanan”. Bandung: Alfbeta.
Sedarmayanti, (2010). Manajemen sumber daya manusia, reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil. Bandung: PT Refika aditama
Sedarmayanti, 2017. Perencanaan dan pengembangan SDM untuk meningkatkan kompetensi, kinerja dan produktivitas kerja. PT Refika Aditama: bandung.
Simanjuntak, 2005. Manajemen dan evaluasi kinerja. Jakarta: fakultas ekonomi universitas Indonesia.
Sinambela. Lijan Poltak. 2016. Manajemen sumber daya manusia: membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja, Jakarta: bumi aksara.
Sudaryono, 2014. Budaya dan perilaku organisasi. Jakarta : Lentera Ilmu Cendekia
Sugiono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.
Sutrisno (2012). “manajemen keuangan teori, konsep dan aplikasi”. Yogyakarta: ekonisia.
Triatna, cepi, (2015) “perilaku organisasi”. Bandung: PT remaja rosdakarya.
Wibowo, (2012). “manajemen kinerja”. Jakarta: rajawali press.
DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v10i2.4247
Article Metrics
Abstract view : 333 timesPDF – 278 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURNAL PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at