PENGARUH KUALITAS KINERJA KARYAWAN TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTANADI (PDAM TIRTANADI) CABANG TUASAN KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja karyawan terhadap pelayanan publik di PDAM Tirtanadi Cabang Tuasan Kota Medan. Variabel Kinerja Karyawan (X) diukur melalui empat indikator, yaitu kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki pandangan positif terhadap kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, dan biaya yang diberikan oleh karyawan. Ini mengindikasikan bahwa karyawan memiliki kompetensi dan profesionalisme yang memadai dalam menjalankan tugas-tugas mereka serta memberikan dampak positif terhadap kepuasan pelanggan.Variabel Pelayanan Publik (Y) diukur melalui indikator-indikator seperti sarana dan prasarana, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki pandangan positif terhadap ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung pelayanan yang lancar, kehandalan pelayanan, daya tanggap terhadap permintaan pelanggan, dan jaminan kualitas pelayanan yang diberikan oleh PDAM. Ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Melalui analisis regresi, penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kinerja karyawan (X) terhadap pelayanan publik (Y). Nilai koefisien regresi menunjukkan bahwa setiap peningkatan sebesar 1% dalam kinerja karyawan diharapkan akan mengakibatkan peningkatan sebesar 0.022 dalam pelayanan publik yang diberikan. Hasil uji F juga mengindikasikan bahwa variabel kinerja karyawan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel pelayanan publik. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kinerja karyawan di PDAM Tirtanadi Cabang Tuasan Kota Medan akan berkontribusi positif pada peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh perusahaan ini kepada masyarakat. Oleh karena itu, perusahaan sebaiknya mempertimbangkan pengembangan aspek-aspek kinerja karyawan yang telah diidentifikasi dan terus meningkatkan upaya dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Barnawi, Arifin. 2012. Buku Pintar Mengelola Sekolah (Swasta). Yogyakarta:Ar-Ruzz.
Gaspersz, Vincent. 2011. Total Quality Management (untuk Praktisi Bisnis dan Industri). Jakarta: Penebar Swadaya.
Jhon Simon, S.Sos, M.Si. 2018. Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuangan. Jurnal Publik Reform UNDHAR Medan.
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Korim, B. 2015. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Kosumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Kurniawan dalam Mulyadi dkk. 2018. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Lestari Wahyu Puput. 2015. Pengaruh Kualitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Pelayanan Pajak Daerah Provinsi Kepulauan Riau Samsat Tanjungpinang. Universitas Maritim Raja Ali Haji: Tanjung Pinang.
Mangkunegara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Notoatmodjo. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pasolong, Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Salim Rudi. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Cabang Medan Kota. Universitas Sumatera Utara Medan.
Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja:Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Bandung: Mandar Maju.
Sinambela Lijan Poltak. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Usan Rudiansyah dan Miman Nurdiaman. 2015. Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Peningkatan Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirta Intan Kabupaten Garut. Journal Pembangunan & Kebijakan Publik Universitas Garut.
Undang-Undang No.25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Tahun 1969 Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Mengenai Tenaga Kerja.
DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v11i1.4940
Article Metrics
Abstract view : 80 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 36 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Taufiqurrahman MB, Jhon Simon, Tomi Jaffisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURNAL PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at