PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKESINAMBUNGAN DI SMK NEGERI 2 FANAYAMA, KECAMATAN FANAYAMA, KABUPATEN NIAS SELATAN

Duduki Sarumaha

Abstract


Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran melalui supervisi akademik berkesinambungan di SMK Negeri 2 Fanayama, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Fanayama, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan terhadap guru baik PNS maupun yang GTT dengan ijazah yang beragam, SPG, Diploma dan Sarjana. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Maret 2017. Subjek penelitian adalah Guru SMK Negeri 2 Fanayama yang berjumlah 10 orang. Data penelitian ini terdiri atas 4 kegiatan pokok yaitu: pengumpulan data awal, data analisis setiap akhir siklus, serta tanggapan lain dari guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik berkesinambungan, alat pengumpulan data berupa instrumen supervisi guru kelas yang terdiri dari: (1) perencanaan KBM, (2) Pelaksanaan KBM, (3) pengelolaan kelas, (4) pengelolaan administrasi kelas. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi : (1) peningkatan kinerja guru dalam menyususn rencana pembelajaran, (2) peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) peningkatan kinerja guru dalam menilai hasil prestasi belajar siswa, (4) peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa.



DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i55.220

Article Metrics

Abstract view : 314 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 357 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta Dharmawangsa



Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.