INTERNALISASI NILAI KARAKTER WIRAUSAHA DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA MANAJEMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai karakter wirausaha dalam pembelajaran kewirausahaan mahasiswa program studi Manajemen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai karakter wirausaha dilakukan melalui pembelajaran berbasis proyek, praktik bisnis riil, dan keteladanan dosen sebagai role model. Nilai karakter dominan yang terinternalisasi meliputi tanggung jawab, kerja keras, keberanian mengambil risiko, kemandirian, serta kreativitas dan inovasi. Kendala yang dihadapi berupa tingkat partisipasi mahasiswa yang bervariasi, keterbatasan fasilitas praktik, serta minimnya kolaborasi eksternal. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan sinergi antara kurikulum, strategi pembelajaran inovatif, dan kemitraan dengan dunia usaha guna mendukung pembentukan karakter wirausaha mahasiswa secara berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, D., & Martdianty, F. (2012). Students’ entrepreneurial intentions by using theory of planned behavior: The case in Indonesia. South East Asian Journal of Management, 6(2), 100–119.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
Fayolle, A., & Gailly, B. (2015). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial attitudes and intention: Hysteresis and persistence. Journal of Small Business Management, 53(1), 75–93.
Jones, B., & Iredale, N. (2010). Enterprise education as pedagogy. Education + Training, 52(1), 7–19.
Hasanah, H. (2013). Implementasi Nilai-nilai Karakter Inti Di Perguruan Tinggi. . https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1439.
Hasanah. (2013). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Inti Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1439.
Kusuma, F. (2017). Pengaruh Kinerja Layanan Pembelajaran Praktik Kayu Terhadap Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Sebagai Wirausaha.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Mastuti, R., Fuad, M., Safrizal, S., Jamil, M., & Ridha, A. (2023). Peningkatan Skill Wirausaha Mahasiswa Melalui Kegiatan Magang Pada Kelompok Tani Etawa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16718.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Mulyani, E. (2018). Internalisasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Pembelajaran Dan Penilaian. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. https://doi.org/10.21831/JEP.V15I1.19766.
Murtini, W. (2016). Implementasi model “GEPPRAK” dalam pembelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan minat berwirausaha di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6, 335-345. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11176.
Neck, H. M., & Greene, P. G. (2011). Entrepreneurship education: Known worlds and new frontiers. Journal of Small Business Management, 49(1), 55–70.
Nabi, G., Liñán, F., Fayolle, A., Krueger, N., & Walmsley, A. (2017). The impact of entrepreneurship education in higher education: A systematic review and research agenda. Academy of Management Learning & Education, 16(2), 277–299.
Nurbudiyani, I., Purtina, A., & Rahmaniati, R. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Etika Berwirausaha. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman. https://doi.org/10.31602/JBKR.V6I2.3166.
Rae, D. (2007). Connecting enterprise and graduate employability: Challenges to the higher education culture and curriculum? Education + Training, 49(8/9), 605–619.
Raposo, M., & Paço, A. (2011). Entrepreneurship education: Relationship between education and entrepreneurial activity. Psicothema, 23(3), 453–457.
Rezandh, A., & Aziz, E. (2019). Pengaruh Sikap Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika Angkatan 2014. , 6.
Ridho, M. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil FPTK UPI.
Santoso, E. (2016). Internalisasi Nilai.Nilai Bntreprene,Urshipdalam Rangka Membentuk Perilaku Kewirausahaanmelalui Pbndidikan Terintegrasi.
Savitri, C., Suherman, E., & , S. (2019). Peran Stakeholder Lembaga Pendidikan Dalam Usaha Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Dikalangan Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Pada Perguruan Tinggi Di Kabupaten Karawang ). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif. https://doi.org/10.36805/MANAJEMEN.V4I2.526.
Shofana, N., Ulfatin, N., Imron, A., & Sunarni, S. (2024). Pembekalan Karakter Jiwa Wirausaha Melalui Praktik Wirausaha Berbasis Online Pada Program “Sekolah Pencetak Wirausaha” (SPW). JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um027v7i22024p216.
Stake, R. E. (1995). The Art of Case Study Research.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.7352
Article Metrics
Abstract view : 67 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 32 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Julio Nalun Dasan, Edy Swandy Bancin, Abdul Salim Prayitno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.