EKSPLORASI PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERSUASIF SISWA SMA DI KOTA TANGERANG

Luluk Setyowati, Hanggono Arie Prabowo, Ahmad Bahtiar, Mu’thia Mubashira, Zeinora Zeinora, Isroyati Isroyati

Abstract


Kemampuan menulis penting dalam dunia pendidikan dan menghadapi era digital. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan sampel 52 siswa dari dua SMA di Kota Tangerang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan analisis statistik meliputi uji normalitas, multikolinearitas, dan ANOVA. Hasil menunjukkan bahwa kedua variabel bersama-sama menjelaskan 43,5% variansi kemampuan menulis (R²=0.435), dan keduanya berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis secara tersendiri. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan pendekatan kolaboratif dan literasi digital sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan dan saran peneliti adalah pentingnya mengintegrasikan metode pembelajaran kolaboratif berbasis digital dalam kurikulum untuk mendukung pengembangan kemampuan menulis siswa secara optimal. Penguatan literasi digital dan pembelajaran kooperatif perlu terus dikembangkan agar mampu meningkatkan kualitas belajar dan menghasilkan siswa yang kompeten di era digital ini.


Keywords


Metode Coperative Learning, Literasi Digital, Kemampuan Menulis Persuasif.

References


Anitra, R. (2021). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8.

Bakhtiar, A., Widiyarto, S., Sartono, L. N., Isroyati, I., Wulansari, L., & Setyowati, L. (2024). Penggunaan media YouTube dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. Warta Dharmawangsa, 18(2), 532-539.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.

Jami'ah, A., Botifar, M., & Yunita Putri, R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) terhadap Perkembangan 6c (Character, Citizenshp, Critical Thinking, Creativity, Collaboration and Communication) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sdn 50 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP).

Setiadi, U. N. (2024). Peran Literasi Digital terhadap Kemampuan Menulis Argumentatif Siswa dalam Gerakan Literasi Sekolah di SMA. JEJAK LANGKAH GURU DALAM MEREFLEKSI DAN BERINOVASI, 72.

Suprapto, H. A., Widiyarto, S., Rizkiyah, N., Nurisman, H., Megayanti, W., Vernia, D. M., ... & Sumadyo, B. (2024). Introduction To Entrepreneurship Based on Ethnopedagogy in The Ngetau Tradition For Elementary School Students. Studies in Learning and Teaching, 5(3), 720-733.

Widiyarto, S. (2023). Learning To Write Explanatory Text Using The Picture-To-Picture Method For Students Of Mts Nurul Hikmah Bekasi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 7(2), 314-322.

Widiyarto, S., Setyowati, L., Mubasyira, M., Rizkiyah, N., Sandiar, L., & Sartono, L. N. (2023). Efektivitas story telling dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri 6 kota Bekasi. Journal on Education, 5(4), 16334-16341.

Zispita, W. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi Berbantuan Peer Review Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Mi Aulia Cendekia Kota Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i4.7669

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Luluk Setyowati, Hanggono Arie Prabowo, Ahmad Bahtiar, Mu’thia Mubashira, Zeinora Zeinora, Isroyati Isroyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.