PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI COMMUNICATION PRACTICE KELAS VII-1 SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Roslina Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa materi communication practice dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa/siswi kelas VII-1 SMP Negeri 7 Medan sebanyak 32 Orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa pada siklus I, II yang disusun dalam bentuk tes uraian dan motivasi belajar siswa yang telah di observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada siklus I pertemuan pertama terdapat 18,7% siswa yang telah termotivasi dalam belajar sedangkan 81,3% siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Pada pertemuan kedua siklus I terdapat 46,9% siswa yang telah termotivasi dalam belajar sedangkan 53,1% siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Dengan demikian secara klasikal siswa dinyatakan masih kurang termotivasi dalam belajar. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, siswa yang telah termotivasi dalam belajar, pada pertemuan pertama siklus II meningkat menjadi 90,6% dan pada pertemuan kedua siklus II meningkat menjadi 93,8%. Sementara siswa yang kurang termotivasi dalam belajar pada pertemuan pertama siklus II sebanyak 9,4% dan pada pertemuan kedua siklus II sebanyak 6,2%. Dengan demikian, secara klasikal atau kelas siswa dinyatakan telah termotivasi dalam belajar. Dengan demikian bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran  2018/2019 khususnya pada materi Communication Practice

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan J.T. Prasetya. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi, (2012). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung : Yrama Widya.

Boediorio, (1998). Pembinaan Profesi Guru dan Psikologi Pembinaan Personalia, Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Bahri, D.S. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menangah. Jakarta : Pusta Pengembangan Penataran Guru Keguruan.

Djamarah, S.B dan A. Zain. (2006).Strategi Belajar Mengajar.. Jakarta : Rineka Cipta.

Hardjana. (1994). Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius.

Hudoyo, H. (1984), Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Usaha Nasional.

Johnson David W and Roger T. Johnson. (2002). Cooperative Learning Methode: A Meta-Analysis. Journal of Research in Education.

Loekmono. (1994) Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Mamang Sangadji, Etta dan Sopiah, (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mappa, S, (1970). Psikologi Pendidikan. Ujung Pandang: Fakultas Ilmu pendidikan IKIP Ujung pandang.

Mardanu, (1997). Peranan Orang Tua dalam Upaya meningkalkan Mutu Pendidikan anak. Jakarta: Cakrawala Pendidikan.

Muhtar, (1992). Pedoman Bimbingan Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PGK & PTK Dep.Dikbud.

Mathis dan Jackson. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v6i1.1180

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF – 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.