KONSEP EVALUASI DALAM ISLAM
Abstract
Abstrak
Sebagai evaluator, guru berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Objek evaluasi pendidikan Islam adalah peserta didik. Peserta didik disini sebenarnya bukan hanya sebatas sebagai objek, melainkan juga merupakan suatu subjek evaluasi. Ada beberapa poin yang menjadi tujuan evaluasi pendidikan, yakni: (1) untuk mengetahui atau mengumpulkan informasi tentang taraf perkembangan dan kemajuan yang diperoleh peserta didik dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan, (2) untuk mengetahui prestasi hasil belajar guna menetapkan keputusan apakah bahan pelajaran perlu diulang atau tidak, (3) untuk mengetahui efektivitas cara belajar dan mengajar apakah yang telah dilakukan pendidik benar-benar tepat atau tidak, (4) untuk mengetahui kelembagaan, ketersediaan sarana prasarana, dan efektifitas media yang digunakan, (5) untuk mengetahui sejauh mana muatan kurikulum telah dipenuhi dalam proses kegiatan belajar mengajar, dan (6) untuk mengetahui alokasi pembiayaan yang dibutuhkan dalam berbagai kebutuhan pendidikan, baik secara fisik, maupun kebutuhan psikis.
Â
Kata kunci: Evaluasi, Islam, peran guru.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i1.469
Article Metrics
Abstract view : 1343 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 2339 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sabilarrasyad
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.