Problematika Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Al Mahrus Mabar Hilir Medan
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan akhlak kepada siswa di MTs Al Mahrus Mabar Hilir, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak, masalah-masalah apa saja yang di tuntaskan melalui pembinaan akhlak serta hambatan apa saja yang terjadi dalam melaksanakan pembinaan akhlak di MTs Al Mahrus Mabar Hilir. Adapun metode penelitian adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara reduksi data (pengumpulan data), penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan akhlak siswa di MTs Al Mahrus Mabar Hilir berjalan dengan baik, efektif dan memberikan dampak yang positif pada perkembangan siswa. Cara pembinaan akhlak siswa di MTs Al Mahrus Mabar Hilir melalui beberapa tahap yaitu identifikasi masalah, identifikasi penyebab masalah, pemanggilan siswa untuk di bimbing dan dibina serta memantau perkembangan siswa. Selain itu pembinaan akhlak di terapkan dengan beberapa pendekatan yaitu pendekatan nasehat, bilhikmah, memberikan bimbingan dan peringatan. Dalam pelaksanaannya juga menerapkan tiga teknik yaitu teknik latihan spiritual, menjalin kasih sayang dan cerminan alqudwah alhasanah.
Â
Kata Kunci: Problematika, pembinaan, akhlak.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i1.471
Article Metrics
Abstract view : 408 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 770 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sabilarrasyad
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.