IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) PADA SDIT BINA INSAN BATANG KUIS T.A. 2018/2019
Abstract
Abstrak
           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan dan pelaksanaan kurikulum di SD IT Bina Insan Batang Kuis; (2). Bagaimana memperbaiki mutu pendidikan di SD IT Bina Insan Batang Kuis, baik melalui sistem pendataan maupun sistem belajar mengajar; (3) bagaimana pemberdayaan guru di SD IT Bina Insan Batang Kuis dalam mengimplementasikan Total Quality Management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan dasar pendekatan fenomenologis dan interaksi simbolik. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai implementasi Total Quality Management di SD IT Bina Insan Batang Kuis, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Perencanaan dan pelaksanaan kurikulum SD IT Bina Insan Batang Kuis merupakan hasil perpaduan antara kurikulum Nasional dengan kurikulum standar mutu JSIT Indonesia. (2) Perbaikan sistem dilakukan secara bertahap, baik dalam sistem pendataan maupun sistem belajar mengajar. Dalam sistem pendataan aplikasi yang digunakan adalah dapodik, sedangkan dalam sistem belajar mengajar menggunakan media serta teknik yang bervariasi. (3) Dalam pemberdayaan guru, evaluasi dan supervisi senantiasa dilaksanakan oleh Kepala Sekolah minimal dua kali dalam setahun.
Â
Kata Kunci: TQM, perencanaan, pelaksanaan dan PemberdayaanFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i2.480
Article Metrics
Abstract view : 231 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 354 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sabilarrasyad
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.