Analisis Kompetensi Profesional Guru Biologi Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru biologi Madrasah Aliyah Negeri di kota Medan dalam aspek penguasaan bahan pengajaran, penyusunan program pengajaran, pelaksanaan program pengajaran, dan menilai hasil dan proses belajar-mengajar yang telah dilaksanakan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru biologi Madrasah Aliyah Negeri di kota Medan. Sampel penelitian dipilih secara acak sebanyak 16 orang guru yang berasal dari empat madrasah yang ditentukan secara purposive sampling berdasarkan masa tugas. Data dikumpulkan dengan cara pemberian uji kompetensi penguasaan bahan pengajaran, pengkajian dokumen RPP, pengamatan dan penilaian pelaksanaan pengajaran, dan kuesioner menilai hasil dan proses belajar- mengajar yang telah dilaksanakan; selanjutnya dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan aspek penguasaan bahan pengajaran dengan nilai rata-rata 71,75, penyusunan program pengajaran dengan nilai rata-rata 95,40, pelaksanaan program pengajaran dengan nilai rata-rata 91.30, dan menilai hasil dan proses belajar-mengajar yang telah dilaksanakan dengan nilai rata-rata 63,10. Secara keseluruhan nilai rata-rata kompetensi profesional guru biologi Madrasah Aliyah Negeri di kota Medan 80,34 dengan kategori sangat tinggi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v1i1.54
Article Metrics
Abstract view : 212 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 208 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sabilarrasyad
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.