EFEKTIVITAS BUKU LAPORAN TAHSIN DAN TAHFIDZ QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PENCAPAIAN PEMBELAJARAN QUR’AN DI SDIT AL- MANAR MEDAN

Vina Annisa

Abstract


Buku laporan tahsin dan tahfidz qur’an adalah buku yang disediakan sekolah sebagai media pendukung program Tahsin dan tahfidz di SDIT Al-Manar Medan. Di dalam buku ini guru mencatat dan melaporkan kegiatan mengaji dan tes hafalan yang dilakukan siswa disekolah. Buku laporan tahsin dan tahfidz Qur'an selain digunakan sebagai media pencatatan juga sebagai pengontrolan dan komunikasi antara guru dengan orang tua dalam proses pembelajaran qur’an di SDIT Al-Manar Medan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengukur efektivitas buku laporan tahsin dan tahfidz Qur'an dalam meningkatkan pencapaian pembelajaran Qur'an di SDIT Al-Manar Medan. (2) mengetahui kendala yang menghambat efektivitas penggunaan buku laporan tahsin dan tahfidz dalam meningkatkan pencapaian pembelajaran qur’an di SDIT Al-Manar Medan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan peran buku laporan tahsin dan tahfidz qur’an sangat efektif dalam meningkatkan pencapaian pembelajaran qur’an di SDIT Al-Manar, karena dengan adanya buku laporan ini baik guru dan orang tua dapat melihat proses pembelajaran athsin dan tahfidz secra rutin. Adapun kendala yang ditemukan adalah masih kurangnya peran orang tua untuk aktif dalam mekakukan pengisian laporan kegiatan Tahsin dan tahfidz selama anak di rumah. Sehingga pencapaian pembelajaran tidak sesuai dengan harapan guru dan orang tua.

Keywords


Tahfidz, Pembelajaran Qur'an, SDIT Al-Manar.

References


Abdurahman Fatoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rosdakarya, 2005)

Ahmad Syarifuddin, 2004, Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al – Qur’an. Jakarta. GemaInsani.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. jakarta: Rika Cipta, 2006

Indah Rahmawati “Manfaat Penggunaan Buku Penghubung Sebagai Media Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Siswa Kelas II A SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta” Skripsi PAI (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2017).

Margaret Ade Cipta Rahmani, Dkk, Pengembangan Media Komunikasi Buku Penghubung Berbasis Sms Gatewey dan Mobile Web. Innovative Journal Of Curriculum and Educational Technology, Vol. 6, No. 2, 2017

Nofrior, S,Pd.,M.Pd. Komunikasi Pendidikan. (Jakarta : Endang Wahyudin, 2016)

Nyimas Mu’azzomi, Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Pembinaan Ibadah Anak Di Tk AlMuthmainnah Jambi. Journal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 14, No. 1, 2014

Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M.A. Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung. PT. Remaja Rosda Karya 2016

Siti Maemunawati, Peran guru, Orang tua Metode Dan Media Pembelajaran. (Banten: Penerbit 3M Media Karya Serang, 2020)




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v8i1.7635

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Vina Annisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.