UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MATERI POLA LANTAI TARI KREASI KELAS IX-2 SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Lora Elpina

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Audio Visual materi pola lantai tari kreasi di kelas IX SMP Negeri 7 Medan. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ciri khas PTK adalah adanya siklus-siklus yang merupakan suatu pemecahan menuju praktek pembelajaran yang lebih baik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX-3 SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 1 kelas yaitu 32 orang siswa. Berdasarkan dari hasil temuan data hasil penilitian tersebut maka dapat dijelaskan bahwa pada saat siklus I hasil belajar Seni budaya khususnya pada materi pokok pola lantai tari kreasi tergolong rendah dengan rata-rata 64,24. Dengan perincian tidak ditemukan siswa (0%) yang mendapat nilai sangat rendah (0-20), siswa mendapatkan nilai rendah (21-40) ditemukan sebanyak 3 orang siswa (10%), siswa mendapat nilai sedang (41-60) sebanyak 13 orang siswa (39%), mendapat nilai tinggi (61-80) sebanyak 17 orang siswa (51%) dan tidak ditemukan siswa yang mendapat nilai sangat tinggi (81-100). Dari 32 orang siswa pada siklus II diperoleh 94% dinyatakan tuntas, sedangkan siswa belum mengalami ketuntasan sebanyak 1 orang siswa 6% dengan nilai rata-rata 87,33. Dengan demikian pada siklus ke II penulis katakan nilai siswa sudah mencapai nilai KKM penelitian ini dihentikan dan tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya

Full Text:

PDF

References


Al Muchtar, S. (1991). Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai dalam Pendidikan PSB. Disertasi. Bandung : PPS IKIP Bandung.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Association for Educational Communication ant Technology (1977) The Definition of Educational Technology. Washington, DC: AECT.

Awan Mutakin (1998) Model Pembelajaran PSB . Jakarta: P3MTK-Ditjen Dikti

Dahar, Ratna Wilis (2002) Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dimyati & Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O., (1989). Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Nasution (1997). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Purwadarminta (1984). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Sadiman (1984) Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Pers

Suryabrata (1984) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Wiriatmadja. (2005). Metode enelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PPS UPI dan Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v4i1.926

Article Metrics

Abstract view : 372 times
PDF – 592 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.