MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Nurbadriah Nurbadriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada materi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 7 Medan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada materi aljabar dan tindakan pembelajaran yaitu pembelajaran melalui model pembelajaran CTL sebagai upaya untuk meningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa pada siklus I II dan III, yang disusun dalam bentuk tes uraian dan rasa percaya diri siswa yang telah diobservasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi yaitu menyeleksi, menyederhanakan dan mengorganisasi data di lapangan kemudian disajikan dan disimpulkan. Setelah data dianalisis, yang berupa tes dan observasi maka diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran matematika dapat meningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP 7 Medan. Pada tes hasil belajar pada siklus I, jumlah ketuntasan belajar siswa mencapai 28 orang siswa (93.33%) dengan rata-rata 78. Pada siklus II jumlah ketuntasan belajar siswa mencapai 26 orang siswa (86.67%) dengan rata-rata 73.83 dikatakan belum meningkat maka akan dilanjutkan ke siklus ke III. Pada tes hasil belajar pada siklus III, jumlah ketuntasan belajar siswa mencapai 29 orang siswa (96.67%) dengan rata-rata 79.50. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklus adanya peningkatan. Jadi berdasarkan kriteria ketuntasan hasil belajar dengan model pembelajaran CTL secara klasikal tuntas.

 

Kata Kunci:   Rasa Percaya Diri, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran CTL.


Full Text:

PDF

References


Akurinto, S, (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Akurinto, S, (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Davies Philippa. (2004). Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Yogjakarta: Torrent Books.

Dimyanti. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasnawiyah. (1994). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Jhonson. (2002). Guru Profesional (Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Rajawali Pers

Khairani, H Makmun. (2013). Psikologi Belajar. Yogjakarta: Aswaja Pressindo.

Kline. (2001), Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung : Jica

Kunandar. (2007). Guru Profesional (Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Rajawali Pers.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Pidarta, Made. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Riyanto, H Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana.

Suherman Erman, dkk, (2001), Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung : Jica

Tirtarahardja, Umar. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v4i1.931

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF – 444 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.