PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 MELALUI PENDAMPINGAN DI SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2015-2016

Irnawati Irnawati

Abstract


Tujuan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini yaitu mengoptimalkan kemampuan guru-guru SMP Negeri 7  Medan dalam penyusunan dan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri 7 Medan dari berbagai mata pelajaran sebanyak 48 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa lembar observasi, wawancara, diskusi, studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penilaian melalui format penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 pada siklus ke II yang mencapai nilai 86.7 berada pada katagori sangat baik. Kompetensi guru SMP Negeri 7 Medan dalam menyusun, mengembangkan, menyempurnakan RPP kurikulum 2013 pada kegiatan orientasi atau sebelum mengikuti tindakan perbaikan pada siklus ke II sangat terbatas. Berbeda dengan setelah mengikuti tindakan perbaikan melalui dua siklus. Setelah mengikuti tindakan perbaikan pada siklus ke I terlihat ada peningkatan, dan lebih meningkat lagi setelah mengikuti tindakan perbaikan pada siklus ke II.  RPP kurikulum 2013 yang mereka susun menjadi lebih lengkap dan sistematis. Aktivitas Guru SMP Negeri 7 Medan dalam menyusun, mengembangkan dan menyempurnakan silabus dan RPP selama worksop dari kegiatan awal pra siklus, siklus I dan siklus ke II ada peningkatan yang signifikan yaitu dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui pendampingan penyusunan, pengembangan dan penyempurnaan RPP kurikulum 2013 dapat meningkatkan kompetensi guru-guru SMP Negeri 7 Medan. Peneliti menyarankan agar motivasi yang sudah tertanam khususnya dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 hendaknya terus dipertahankan dan ditingkatkan/ dikembangkan.

 

Kata kunci : Kompetensi Guru, Pendampingan, RPP Kurikulum 2013.


Full Text:

PDF

References


Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. PT Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : BSNP.

Depdiknas, 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gumelar dan Dahyat. 2002. Kompetensi Kepribadian Sosial dan Professional. Tersedia: http://assesmentsainssatoe.blogspot.com/2012/05/kompetensi- kepribadian-sosial-dan.html#axzz2jA75N5wQ. Diakses 22 Oktober 2017

Hamalik, Oemar, 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Kunandar, 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Pedoman Materi Inti Kepala Sekolah. Tahun 2010. Jakarta. BP. Panca Bhakti (CV) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sardiman. 2008. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sagala, H. Syaiful. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. “Metodologi Penelitianâ€. Yogyakarta Andi.

Siswanto Sastrohadiwiryo, B. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FE UI.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum Jamil, 2013. Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syaiful Bahri Djamarah, 2006. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah, B. 2009. Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Winkel, 2013. Belajar dan Pembelajaran, (online), (http//kedai informasiku.com)




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i1.933

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF – 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.