ANALISIS POLA PENJUALAN PAKAIAN MENGGUNAKAN DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI
Abstract
Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan sehari- hari, semakin berkembangnya masyarakat saat ini maka kebutuhan akan pakaian juga meningkat dengan pesat. Saat ini baik pria maupun wanita membutuhkan pakaian dengan tingkat kebutuhan yang sama. Kent & Crew merupakan salah satu toko yang menjual pakaian pria baik formal maupun kasual. Untuk terus dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dalam hal ini Kent & Crew harus mampu memenuhi kebutuhan setiap konsumennya dan harus memiliki cukup banyak produk dan juga persediaan barang yang cukup. Dalam setiap harinya data transaksi yang dimiliki Kent & Crew terus bertambah namun data tersebut belum tersusun dengan baik dan hanya dijadikan sebagai arsip. Dengan bertambahnya jumlah data yang ada maka dibutuhkan suatu penanganan yang baik, yaitu dengan menganalisis data tersebut menggunakan suatu sistem yang berbasis komputer sehingga dalam proses analisisnya dapat berjalan dengan baik dan akurat.
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi yang dapat mempermudah toko utnuk dapat mengetahui pola penjualan yang tepat yang dapat membantu pihak Kent & Crew dalam meningkatkan penjualan.
Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi yang mengimplementasikan teknik Data Mining dengan mengadopsi metode asosiasi dengan menggunakan Algoritma Apriori yang nantinya dapat membantu pihak Kent & Crew dalam mengetahui pola penjualan pakaian dan menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.46576/syntax.v2i1.1311
Article Metrics
Abstract view : 934 timesPDF – 361 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.