PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING MATA KULIAH MANAJEMEN KEUANGAN PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI, POLITEKNIK NEGERI MEDAN
Abstract
Pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan aplikasi e-learning dan dampaknya terhadap motivasi belajar mahasiswa di Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Hasil uji prototype menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar saat mahasiswa menggunakan aplikasi e-learning mata kuliah Manajemen Keuangan. Dari hasil pengujian terhadap 33 (tiga puluh tiga) mahasiswa, terlihat bahwa sebanyak 21 (dua puluh satu) mahasiswa dapat menyelesaikan ujian yang terdiri dari 3 (tiga) soal dan dinyatakan kompeten.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardini, Lilis; Iswara, Ulfah Setia; Retnani, Endang Dwi. 2020. ”Efektivitas Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid 19. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), 7 (1) November 2020
Ayu, Devi Puspita; Amelia, Rahma. 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning Di Era Digital”. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia
Fadilla; Sari, Meika Puspita. 2021. “Dampak Covid 19 Terhadap Sistem Pembelajaran Dan Keuangan Di STEBIS IGM”. ISLAMIC BANKING: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, Volume 7 Nomor 1 Edisi Agustus 2021, halaman 95 – 114
Hartanto, W. (2016). “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hasan, Husaini., Hafidz dan Nashihin, Husna. 2023. Efektifitas Pemanfaatan Media E-learning Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta. Attractive: Innovative Education Journal, Vol 5, No. 2 (1-9)
Intanuari, Aninda Mawar. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 2020, Universitas Negeri Semarang. ISSN: 2686 6404
Juhaeni: Pratiwi, Nayli Okta Dwi; Luthfiyah, Rara; Safaruddin. 2023.”Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Melalui Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD/MI”. Journal of Instructional and Development Researches, JIDeR, Vol. 3, No. 1, Februari 2023
Karwati, Euis. 2014. Pengaruh Pembelajaran E-learning Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(01): 41-54. Mujahidin
Komendangi, 2016. “Analisis dan Perancangan Aplikasi E-learningberbasis Learning Manajemen Sistem(LMS) Moodle di Program Study Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi. Manado : Universitas Sam Ratulangi
Mansyur, Abdul Rahim. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal , Vol. 1, No. 2, Juli 2020, pp. 113-123, E-ISSN 2720-9156
Nurul Hidayah & Fikki Hermansyah. 2016. “Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume. 3 No. 2,
Putri, Windy Utami; Alexandro, Rinto; Wulandari, Meli. 2021. Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi”. Edunomics Journal, Vol. 2 (2): page 73-80, Juli 2021
Saitya, Imanduddin. 2022. Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika Volume 01 Nomor 01 April 2022.
Sardiman AM. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press
Siswanto, Ely. 2021. Buku Ajar Manajemen Keuangan Dasar. UM Penerbit & Percetakan. Universitas Negeri Malang
Sumardi, Rebin; Suharyono. 2020. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Lembaga Penerbitan Universitas-Universitas Nasional (LPU-UNAS. Cetakan Pertama : 2020
UNICEF Indonesia. 2021. The Impact of the COVID-19 Pandemic on Children’s Learning in Indonesia. UNICEF Indonesia.
Uno, Hamzah B. 2017. Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis Di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
Wulan, Rayung; Lestari, Mei; Miswan. 2015. Model Pembelajaran E-Learning Menggunakan Dokeos Di Smkn 22 Jakarta. Faktor Exacta Vol. 5 No. 1: 86-101 ISSN: 1979 276X
DOI: https://doi.org/10.46576/wjs.v4i2.6555
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Worksheet : Jurnal Akuntansi Terindeks pada:
Member Of:
Worksheet : Jurnal Akuntansi Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnalworksheet@dharmawangsa.ac.id
Worksheet : Jurnal Akuntansi By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/worksheet/index