ANALISIS PEMANFAATAN E-COMMERCE PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) FASHION DI KOTA MEDAN

Wilda Sri Munawaroh Harahap, Sri Fitria Jayusman, Rizqy Fadhlina Putri

Abstract


Era Globalisasi menjadi masa dimana UMKM harus bisa tetap bertahan dan melakukan persaingan bisnis. Berkembang pesatnya teknologi informasi, khususnya dalam ranah media sosial, memberikan berbagai manfaat kepada para pelaku UMKM, diantaranya yaitu menambah metode pemasaran, meningkatkan pemahaman pencatatan hasil dari penjualan, meningkatkan pangsa pasar dan memberikan banyak pilihan dalam keputusan bisnis. Beberapa contoh nyata dari perubahan dunia bisnis saat ini yaitu munculnya e-commerce. Dalam proses transaksi dengan menggunakan e-commerce, kegiatan perdagangan dan pemasaran suatu produk akan menjadi lebih efisien dikarenakan dengan menggunakan e-commerce proses transaksi menjadi lebih cepat dan hemat biaya. Media sosial sebagai alat dari ecommerce merupakan sarana inovatif bagi UMKM dalam mendukung sistem bisnis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian merupakan 15 pelaku UMKM yang berada di Kota Medan. Analisis data dilaksanakan ke dalam empat tahap yaitu: (1) Pengumpulan data; (2) Reduksi data; (3) Penyajian data; (4) Kesimpulan Hasil penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggabungkan tiga bidang ilmu yaitu Akuntansi, Manajemen dan Teknologi Informasi.Berdasarkan hasil dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa: a) UMKM di Kota Medan memanfaatkan e-commerce dalam mengembangkan usahanya dalam penjualan, pembelian, pemesanan, pembayaran dan promosi; b) dampak penggunaan e-commerce bagi bisnis UMKM di Kota Medan berdampak paling besar terhadap efektivitas biaya promosi yang murah, interaktivitas jangkauan konsumen, dan peningkatan omset penjualan; c) kendala yang dihadapi UMKM dalam penggunaan e-commerce adalah pada tingkat kepercayaan pembeli terhadap penjual, persaingan yang ketat antar pengusaha di pasar online, infrastruktur dan kemampuan pengusaha dalam menggunakan e-commerce.


Keywords


Pemahaman;E-Commerce; Perdaganganelektronik; UMKM Fashion.

Full Text:

PDF

References


A.Ouedraogo,“IT,SME’sperformanceandregionaldevelopment:Anempiricalstudyofinsularfirms,”Probl.Perspect.Manag.,vol.10,no.4,pp. 38–48, 2012, [Online]. Available:https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-84891874919&partnerID=40&md5=bc4766c04eb4b93c653c57359bbb10bd

B. M. Al-Ghazali, A. M. Rasli, R. M. Yusoff, and A. Y. Mutahar, “Antecedents of continuous usage intention of mobile banking services from the perspective of Delone and Mclean model of information system success,” Int. J. Econ. Financ. Issues, vol. 5, pp. 13–21, 2015.

B. Sivathanu, “Adoption of digital payment systems in the era of demonetization in India: An empirical study,” J. Sci. Technol. Policy Manag., vol. 10, no. 1, pp. 143–171, 2019, doi: 10.1108/JSTPM-07-20170033.

C. Tam and T. Oliveira, “Understanding mobile banking individual performance: The DeLone & McLean model and the moderating effects of individual culture,” Internet Res., vol. 27, no. 3, pp. 538–562, 2017, doi: 10.1108/IntR-05-2016-0117.

C. Tam and T. Oliveira, “Understanding the impact of m-banking on individual performance: DeLone & McLean and TTF perspective,” Comput. Human Behav., vol. 61, pp. 233–244, 2016, doi: 10.1016/j.chb.2016.03.016.

E. A. Sukma, M. Hadi, and F. Nikmah, “Effect Of Technology Acceptance Model (Tam) And Trust Towards Intension Of Instagram Users,” J. Ris. Ekon. dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 112–121, 2019.

E. Ligon, B. Malick, K. Sheth, and C. Trachtman, “What explains low adoption of digital payment technologies? Evidence from small-scale merchants in Jaipur, India,” PLoS One, vol. 14, no. 7, pp. 1–22, 2019, doi: 10.1371/journal.pone.0219450.

M. K. Niken Widowati, “AdopsiPembayaran Digital Qris Pada UMKM Berdasarkan Technology Acceptance Model,” vol. 1, no. 2, pp. 325–347, 2022.

M. M. O. Mansour, “Acceptance of mobile banking in Islamic banks: Integration of DeLone and McLean IS model and unified theory of acceptance and use of technology,” Int. J. Bus. Excell., vol. 21, no. 4, pp. 564–584, 2020, doi: 10.1504/IJBEX.2020.108552.

M. Najib and F. Fahma, “Investigating the adoption of digital payment system through an extended technologyacceptance model: An insight from the Indonesian small and medium enterprises,” Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 10, no. 4, pp. 1702–1708, 2020, doi: 10.18517/ijaseit.10.4.11616.

M. S. Azam, “Diffusion of ICT and SME performance,” Advances in Business Marketing and Purchasing, vol. 23A. pp. 7–290, 2015. doi: 10.1108/S1069-096420150000023005.

N. Bala Kalyan and S. Partha Sarathi, “A Study on Digital Financial Literacy of Households of Kadapa, Andhra Pradesh,” Int. J. Adv. Eng. Manag., vol. 4, no. February, p. 1230, 2022, doi: 10.35629/5252- 040212301238.

S. Rahi and M. Abd.Ghani, “Integration of DeLone and McLean and self- determination theory in internet banking continuance intention context,”Int. J. Account. Inf. Manag., vol. 27, no. 3, pp. 512–528, 2019, doi: 10.1108/IJAIM-07-2018-0077.

W. A. Alkhowaiter, “Digital payment and banking adoption research in Gulf countries: A systematic literature review,” Int. J. Inf. Manage., vol.53, no. February, p. 102102, 2020, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2020.102102.




DOI: https://doi.org/10.46576/wjs.v4i2.6631

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Worksheet : Jurnal Akuntansi Terindeks pada:

    

Member Of:

Worksheet : Jurnal Akuntansi Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnalworksheet@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Worksheet : Jurnal Akuntansi By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/worksheet/index