Penerapan Total Quality Management (TQM) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM): Dampak terhadap Kinerja Manajerial dan Laba Perusahaan di Cikarang

Muhammad Nur Setiawan, Miftakul Huda, Abdul Gani Leisubun, Muhammad Rifky Al Rasyid, Tarisya Disti Amelia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan kinerja manajerial dan laba pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Cikarang. UMKM di wilayah ini memiliki peran penting dalam perekonomian lokal, namun sering menghadapi tantangan dalam hal kualitas produk, efisiensi operasional, dan manajemen sumber daya. Berdasarkan studi kasus yang dilakukan pada beberapa UMKM di Cikarang serta pelatihan yang diberikan kepada pelaku usaha, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip TQM dapat membawa perubahan signifikan dalam kualitas produk dan proses bisnis secara keseluruhan. TQM, yang mencakup pendekatan sistematis terhadap pengendalian kualitas, peningkatan berkelanjutan, serta keterlibatan aktif seluruh elemen organisasi, terbukti dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperbaiki efisiensi operasional. Dampaknya, terjadi peningkatan kinerja manajerial yang lebih terstruktur, peningkatan motivasi di antara karyawan, serta perbaikan dalam pengelolaan sumber daya. Di sisi lain, laba perusahaan juga mengalami perbaikan yang signifikan, seiring dengan berkurangnya biaya produksi dan meningkatnya produktivitas. Penelitian ini menggabungkan metode wawancara mendalam dengan pelaku UMKM serta analisis data kuantitatif yang menggambarkan pengaruh TQM terhadap laba perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja manajerial dan laba, serta mendukung keberlanjutan usaha UMKM di Cikarang. Temuan ini menunjukkan bahwa TQM dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan daya saing dan profitabilitas UMKM, yang pada akhirnya dapat memperkuat posisi mereka di pasar yang semakin kompetitif.


Keywords


Total Quality Management, UMKM, Kinerja Manajerial, Laba, Kepuasan Pelanggan, Efisiensi Operasional.

References


Arif Pratama Marpaung, Muhammad Shareza Hafiz, Murviana Koto, & Wulan Dari. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.

Azis, M., Hasan, M., Azis, F., & Arisah, N. (2021). Keberkanjutan Usaha dan Daya Saing UMKM Melalui Strategi Pemasaran: Studi Kasus pada Bisnis Kuliner. Seminar Nasional LP2M UNM, 1419–1432.

Bate’e, A. T., Septiani, D. L., Pradana, G., Krisanti, S. R., & Widodasih, RR. W. K. (2024). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada UMKM Ditinjau Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran (Studi Kasus Sop Ayam Pak Mim Klaten Di Cikarang Selatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 221–235.

Candrakusuma, D. A., & Jatmiko, B. (2017). Dampak Komitmen Organisasi, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Akuntabilitas Publik, Partisipasi Anggaran Dan Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 24(1), 87–93.

Chaerunisak, U. H., & Aji, A. W. (2020). Penerapan Total Quality Management Terhadap Dampak Kinerja Manajerial dan Laba Perusahaan pada UMKM Yogyakarta. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 10–14. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.6811

Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi-UnivKristen Maranatha, D., & Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi-UnivKristen Maranatha Jl Drg Suria Sumantri No, M. (2012). Analisis Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Kinerja Manajer Pusat Laba di Warung Paskal Bandung Se Tin Taufik Hidayat. Jurnal Akuntansi, 4(2), 187–199.

Fitriasuri, & Terizaghi, T. (2014). Globalisasi akuntansi : implementasi konvergensi IFRS Indonesia dan tantangannya bagi umkm. Journal & Proceeding FEB Unsoed, 4(1), 794–807.

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122

Lite. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Al – Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 27–44.

Rahmah, U., & Iryanti, E. (2023). Optimasi Upaya Pendampingan UMKM untuk Meningkatkan Branding UMKM Iborajut. Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 98–105.

Wuryandari, N. E. R., Anjarwati, S., Purwanto, S., Sugeng, M., Perkasa, D. H., & Melly. (2023). Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan: Solusi Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Produktivitas. E-Amal : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 387–396.

Zahrah, A. F., & Nugraha, A. A. (2022). Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Kinerja UMKM. Indonesian Accounting Literacy Journal, 2(2), 404–411. https://doi.org/10.35313/ialj.v2i2.3300




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v8i1.5857

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Nur Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index