PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN STOCK PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. CAHAYA JAYA UTAMA JEMADI DI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kelengkapan Produk dan Stock Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Cahaya Jaya Utama Jemadi di Medan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 80 responden. Pemilihan sampel menggunakan rumus Slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder yang berupa angket menggunakan skala likert dalam pemilihan respon penilaian angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis uji T dan uji F dan determinasi (R2). Berdasarkan hasil perhitungan kelengkapan produk terhadap volume penjualan melalui uji T dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,194 > 1,990 dengan signifikansi 0,002 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kelengkapan produk berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Cahaya Jaya Utama Jemadi, atau H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya pengaruh antara stock produk terhadap volume penjualan diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 4,869 > 1,990 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini menunjukan bahwa stock produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada PT. Cahaya Jaya Utama Jemadi atau Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan secara Uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 68,362 > 3,12 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian Fhitung ≥ Ftabel, hal ini menunjukan bahwa secara simultan variabel kelengkapan produk dan stock produk berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Kemudian bedasarkan hasil koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,630 atau 63%, hal ini menunjukan bahwa kelengkapan produk dan stock produk dari hasil uji R - Adjusted Square berpengaruh terhadap volume penjualan sebesar 63%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Amstrong, Gary. Kotler, Philip (2016) Marketing an Introduction. New Jersey:Pearson
Arifin, A. Z. 2018. Manajemen Keuangan, Yogyakarta : Zahir Publishing
Assauri, Sofian. (2014). Manajemen produksi dan operasi. Jakarta: BPFE Universitas Indonesia.
Eddy Herjanto (2010). Manajemen Operasi, ed:revisi, Gramedia: Jakarta
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Handoko, T. H. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta BPFE
(2019). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi (1st ed.). Yogyakarta: BPFE.
Husein, Umar. (2014) Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : Rajawali Pers.
Kotler. (2017) Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13, Erlangga, Jakarta
Meyliawati, M., & Suprianto, E. (2016). Tinjauan Sistem Prosedur Pengeluaran Material C212 di gudang Manajemen Persdiaan PT X. INDPT, 6(1), 17 23.
Mulyadi (2015). Akuntansi Biaya, Edisi Lima. UPP STIM KPN: Yogyakarta
Priyatno, Duwi. (2022). “Olah data Sendiri Analisis regresi Linier dengan SPSS dan Analisis Data Panel Dengan Eviews”. Yogyakarta: Cahaya Harapan.
Rahmawati. (2022). Apa Saja Variabel Penelitian Dalam Bidang marketing???(Panduan Bagi Peneliti Pemula). Samarinda: Mulawarman University Press.
Rangkuti. Rahmi (2018). Analisa Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Rotan.
Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2018. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Swasta, Basu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Gramedia.
Abdul, F. W. (2018). Lean Manufacturing Implementation in Inventory Control as a Repair Process. Jurnal Logistik Indonesia, 2(1), 31–36.
Heizer, Jay and Render Barry, (2015), Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.
Kurniawan, R., & Krismonita, Y. A. (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Expresss Sukabumi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. XI, 145–154. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/112
Learns, M & Nainggolan, N. P. (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Kelengkapan Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt International Hardware Indo di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 3 No. 3. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/3021
Macias, R. G. (2020). Inventory Management and Logistics Optimization: A Data Mining Practical Approach. Scientific Journal of Logistics, 16(4), 535–547..
Radasanu, A. C. (2016). Inventory Management, Service Level and Safety Stock. Journal of Public Administration, Finance and Law, 9(1), 145–153.
DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v4i1.6902
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Economic Management and Business Terindeks pada:
Member of:
Journal Economic Management and Business Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id
Journal Economic Management and Business By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index