PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN STOCK PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. CAHAYA JAYA UTAMA JEMADI DI MEDAN

Ivandy Juhendra, M. Amri Nasution, Mierna Zulkarnain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kelengkapan Produk dan Stock Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Cahaya Jaya Utama Jemadi di Medan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 80 responden. Pemilihan sampel menggunakan rumus Slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder yang berupa angket menggunakan skala likert dalam pemilihan respon penilaian angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis uji T dan uji F dan determinasi (R2). Berdasarkan hasil perhitungan kelengkapan produk terhadap volume penjualan melalui uji T dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,194 > 1,990 dengan signifikansi 0,002 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kelengkapan produk berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Cahaya Jaya Utama Jemadi, atau H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya pengaruh antara stock produk terhadap volume penjualan diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 4,869 > 1,990 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini menunjukan bahwa stock produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada PT. Cahaya Jaya Utama Jemadi atau Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan secara Uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel  yaitu 68,362 > 3,12 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian Fhitung ≥ Ftabel, hal ini menunjukan bahwa secara simultan variabel kelengkapan produk dan stock produk berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Kemudian bedasarkan hasil koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,630 atau 63%, hal ini menunjukan bahwa kelengkapan produk dan stock produk dari hasil uji R - Adjusted Square berpengaruh terhadap volume penjualan sebesar 63%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary. Kotler, Philip (2016) Marketing an Introduction. New Jersey:Pearson

Arifin, A. Z. 2018. Manajemen Keuangan, Yogyakarta : Zahir Publishing

Assauri, Sofian. (2014). Manajemen produksi dan operasi. Jakarta: BPFE Universitas Indonesia.

Eddy Herjanto (2010). Manajemen Operasi, ed:revisi, Gramedia: Jakarta

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Handoko, T. H. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta BPFE

(2019). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi (1st ed.). Yogyakarta: BPFE.

Husein, Umar. (2014) Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : Rajawali Pers.

Kotler. (2017) Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13, Erlangga, Jakarta

Meyliawati, M., & Suprianto, E. (2016). Tinjauan Sistem Prosedur Pengeluaran Material C212 di gudang Manajemen Persdiaan PT X. INDPT, 6(1), 17 23.

Mulyadi (2015). Akuntansi Biaya, Edisi Lima. UPP STIM KPN: Yogyakarta

Priyatno, Duwi. (2022). “Olah data Sendiri Analisis regresi Linier dengan SPSS dan Analisis Data Panel Dengan Eviews”. Yogyakarta: Cahaya Harapan.

Rahmawati. (2022). Apa Saja Variabel Penelitian Dalam Bidang marketing???(Panduan Bagi Peneliti Pemula). Samarinda: Mulawarman University Press.

Rangkuti. Rahmi (2018). Analisa Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Rotan.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2018. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Swasta, Basu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Gramedia.

Abdul, F. W. (2018). Lean Manufacturing Implementation in Inventory Control as a Repair Process. Jurnal Logistik Indonesia, 2(1), 31–36.

Heizer, Jay and Render Barry, (2015), Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.

Kurniawan, R., & Krismonita, Y. A. (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Expresss Sukabumi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. XI, 145–154. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/112

Learns, M & Nainggolan, N. P. (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Kelengkapan Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt International Hardware Indo di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 3 No. 3. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/3021

Macias, R. G. (2020). Inventory Management and Logistics Optimization: A Data Mining Practical Approach. Scientific Journal of Logistics, 16(4), 535–547..

Radasanu, A. C. (2016). Inventory Management, Service Level and Safety Stock. Journal of Public Administration, Finance and Law, 9(1), 145–153.




DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v4i1.6902

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Economic Management and Business Terindeks pada:

    

Member of:


Journal Economic Management and Business Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id

Creative Commons License

Journal Economic Management and Business By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index