PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. MATAHARI JAYATAMA TEKNIKAL

Alya Fitria, Aswan Hasoloan, Teuku Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Matahari Jayatama Teknikal, perusahaan distributor resmi generator set di Medan. Penelitian ini didasari oleh pentingnya inovasi dan peningkatan mutu produk serta layanan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif di era globalisasi. Keputusan pembelian konsumen menjadi salah satu indikator utama keberhasilan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pasar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 50 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh parsial dan simultan variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi sebesar 0,675. Kualitas layanan juga berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien regresi sebesar 0,523. Secara simultan, kualitas produk dan layanan memberikan kontribusi signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 62,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas produk dan layanan merupakan faktor penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Disarankan agar PT. Matahari Jayatama Teknikal terus meningkatkan inovasi produk dan layanan untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan serta memperluas pangsa pasar.


Keywords


kualitas produk, kualitas layanan, keputusan pembelian.

References


Amrullah, S. Siburian, p., & ZA, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda . Ekonomi dan Manajemen , 99-118.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Ilmu dan Riset Manajemen, 2-15.

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Nirwana Gemilang Property. Disrupsi Bisnis , 108-119.

Aryamti, A. S., & Suyanto, A. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Pelanggan Klinik Kecantikan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manajemen, 131-138.

Bilgies, A. F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo. Ekonomi Universitas Kadiri, 78-90.

Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. Manajemen dan Start-Up Bisnis, 91-99.

Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Ilmu dan Riset Manajemen, 2-19.

Juliani, N. P., & Kawiana, I. G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Manajemen, Kewirausahaan, Pariwisata, 129-138.

Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Riset Nasional Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1267-1283.

Maryati, & M. Khoiri. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Onlie Time Universe Studio. Ekonomi dan Bisnis , 542-550.

Mukti, M. Y. (2015). Pengaruh Kualitas Porduk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 89-110.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manajemen Analisis Jurnal, 2-18.

Rafi, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Mom Milk Semarang. Sosial dan Politik, 1-7.

Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manajemen Bisnis , 1-14.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ecodemica, 312-318.

SE.,M.AK, Y. A. (2022). Keputusan Pembelian Produk. Tebing Tinggi: PT. Inovasi Pratama International.

Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Ekonomi dan Manajemen, 163-175.

Weenas, J. R. (2018). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. EMBA, 607-618.

Wulandari, R. (2019). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Keputusan Pembelian di Pusat Perbelanjaan. Ekonomi dan Bisnis , 68-80.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 12-18.

Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Ilmu dan Riset Manajemen, 2-19.

Juliani, N. P., & Kawiana, I. G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Manajemen, Kewirausahaan, Pariwisata, 129-138.

Azis, Y. A. (2022, September Senin). Pengertian Teknik Pengumpulan Data Menurut Para Ahli. Teknik Pengumpulan Data, p. 3.

Fairus, F. (2020). Metode Penelitian . Jurnal Bab III, 41-52.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, 22-46.

Maulidio, R., & Dwiastanti, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Amstirdam Coffe di Malang. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 600-610.

Muhammad, Z. (2020). Bab II Kajian Pustaka. Jurnal Kajian Pustaka, 8-34.

Najah, N. (2015). Metode Penelitian. Jurnal Maulana Malik Ibrahim , 59-81.

Ningrum. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas X Semester Genar Man 1 Metro. Jurnal Pendidikan ekonomi, 145-151.

Winasih, Y. (2021). Metode Penelitian. Jurna Metode Penelitian, 33-42.

zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Regional i Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 923-926.

Annisa, & Hasoloan, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret. Jurnal Bisnis Corporate, 51-60.

Hasoloan, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Penggunaan Vending Machine Pada PT. Railink Cabang Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 16-25.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v9i2.5812

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index