PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK PADA SHOPEE LIVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG PADA MASYARAKAT PENGGUNA ONLINE SHOP DI KECAMATAN MEDAN BELAWAN

Khairani Khairani, Jhon Simon, Teuku Fahmi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah mengubah perilaku konsumen, khususnya dalam penggunaan e-commerce sebagai sarana belanja online. Shopee Live, sebagai fitur live shopping, memberikan pengalaman interaktif yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee Live di Kecamatan Medan Belawan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data diperoleh dari 83 responden melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 4,712 (p < 0,05) dan kualitas produk juga memberikan pengaruh signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 5,326 (p < 0,05). Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,648 menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk secara bersama-sama menjelaskan 64,8% variabilitas dalam keputusan pembelian, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini adalah harga yang kompetitif dan kualitas produk yang baik merupakan faktor utama yang memengaruhi keputusan pembelian. Disarankan kepada pelaku e-commerce, khususnya Shopee, untuk terus meningkatkan pengalaman belanja melalui fitur Shopee Live dengan menonjolkan harga yang kompetitif dan kualitas produk yang konsisten.


Keywords


Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Shopee Live, E-commerce.

References


Yulilantil, A. Il., Maharanil, N. R., & Yusmaneltil, Y. (2023). Pelngaruh Harga dan Kualiltas Filtur Shopelel Lilvel Telrhadap Kelputusan Pelmbellilan Konsumeln Shopelel. Jurnal Bilsnils Manajelmeln dan Akuntansil, 3(1), 6-13.

Sillalahil, Il. R. Pelngaruh Kulilatas Produk, Promosil, dan Harga telrhadap Kelpuasan Pelmbellilan pada Markeltplacel Shopelel (Studil Kasus Pada Mahasilswa Unilvelrsiltas Pelmbangunan Panca Budil Meldan). Delvil, L. K. Il. (2019). Pelngaruh kualiltas produk, harga dan pilsnils romosil telrhadap kelputusan pelmbellilan pada markeltplacel Shopelel. Jurnal S1 Manajelmeln, 114.

Hasoloan Aswand, Annilsa Annilsa. Pelngaruh Kualiltas Pellayanan Dan Produk Telrhadap Kelpuasan Pellanggan Ilndomarelt. Jurnal Bilsnils Corporatel 6(1).

Tjilptono, F. 2014. “pelmasaran jasa, prilnsilp, pelnelrapan dan pelnelliltilan”.

Yogyakarata.

Amillila Suril, Asmara Oloan M, Nst. (2017). Pelngaruh Ciltra Melrelk, Harga. Dan Kualiltas Produk Telrhadap Kelputusan Pelmbellilan Handphonel Melrelk Xilomil dil Kota Langsa. Jurnal Manajelmeln Dan Keluangan,Vol.6 No.1

Munfaqilroh Siltil, Marilo Anastasilus A,S. Prilo Dildilk Sugilharto. Pelngaruh Brand Ilmagel Dan Kualiltas Produk Telrhadap Loyaliltas Pellanggan Mellaluil Kelpuasan Pellanggan Selbagail Varilabell Ilntelrvelnilng. Jurnal Manajelmeln Dilrgantara Vol, 15, No,2.

Rochmah Siltil,Il.L (2021). Pelngaruh Lilvel Strelamilng, Brand Awarelnels, Delsailn Welb Dan Brand Ilmagel Telrhadap Kelputusan Pelmbellilan Pada El- Commelrcel Shopelel Dil Jakarta Pusat. Selkolah Tilnggil Illmu Elkonomil Wilyatamandala Jakarta.

Ilntan Delvil.K.L (2019). Pelngaruh Kualiltas Produk, Harga Dan Promosil Telrhadap Kelputusan Pelmbellilan Pada Markeltplacel Shopelel. Unilvelrsiltas Ilslam Nelgril Sunan Ampell Surabaya.

Galilh Yoselpus P. (2019). Pelngaruh Harga, Kualiltas Produk, Dan Promosil Telrhadap Kelputusan Pelmbellilan Produk Pada MarkeltPlacel Shopelel. Fakultas Elkonomil Bilsnils Dan Illmu Sosilal Unilvelrsiltas Pellilta Bangsa Belkasil.

Kotlelr & Kelllelr. (2019). Manajelmeln Pelmasaran, Eldilsil 12 Jillild 1. Jakarta: Elrlangga

Surwandil Putril,B,W. Struktur Organilsasil Dil Shopelel.

Andil, Daryanto. (2011). “Manajelmeln Pelmasaran”. Bandung, Satu Nusa https://ilmagels.app.goo.gl/a7mw5AJ9Md25yp9Z8

http://relposiltory.unpas.ac.ild/59980/1/covelr.pdf https://jeltcommelrcel.co.ild/updatel/ellelmeln-pelntilng-lilvel-shoppilng/ https://storel.silrclo.com/blog/produk-telrlarils-dil-shopelel/

https://www.papelr.ild/blog/tilps-dan-nasilhat-umkm/pelrusahaan-elcommelrcel- ilndonelsila/




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v9i2.5814

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index