STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS M-KNOWS CONSULTING DALAM UPAYA MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN

Intan Medina Utami, Yanti Tayo, Ana Fitriana Poerana

Abstract


Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi bisnis M-Knows Consulting dalam upaya menjaga loyalitas pelanggan. M-Knows Consulting adalah lembaga konsultan manajemen yang mengalami peningkatan penjualan dan repeat order dari pelanggan dalam tiga tahun terakhir, meskipun tidak melakukan promosi masif melalui media sosial yang berbeda dari kompetitor, M-Knows Consulting lebih mengandalkan pendekatan langsung oleh sales consultant. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) digunakan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi mempengaruhi loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan langsung oleh sales consultant efektif dalam menarik perhatian dan minat klien, membangkitkan keinginan untuk terus menggunakan layanan, dan mendorong repeat order serta rekomendasi dari pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang strategi komunikasi personal dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di industri konsultan manajemen, serta rekomendasi praktis untuk meningkatkan efektivitas komunikasi.

Keywords


strategi komunikasi bisnis, loyalitas pelanggan, teori AIDA

Full Text:

PDF

References


Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (S. Nurachma (ed.)). RajaGrafindo.

Belch, George E., & Belch, Michael A. (2018). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGraw-Hill Education.

Duncan, Tom. (2005). Principles of Advertising and IMC. New York: McGraw-Hill Education. Fakhrudin, F., Derriawan, D., & Tabroni, T. (2022). Strategi Bisnis Peningkatan Kinerja Perusahaan

Melalui Kapabilitas Sdm, Inovasi Dan Manajemen Perubahan Dimediasi Daya Saing Pada Jasa Konsultan Wahana Prakarsa Utama. EXCELLENT, 8(2), 199–211. https://doi.org/10.36587/exc.v8i2.1116

Farris, P. W., Bendle, N. T., Pfeifer, P. E., & Reibstein, D. J. (2010). Marketing metrics: The definitive guide to measuring marketing performance. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.

Fauziah, F. D., Abidin, Z., & Tayo, Y. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Café 1618 Space Dalam Upaya Menciptakan Brand Awareness Di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 371–378. https://doi.org/10.5281/zenodo.10466457

Grönroos, Christian. (2007). Service Management and Marketing: Customer Management in Service Competition. Chichester: John Wiley & Sons.

Gummesson, Evert. (2002). Total Relationship Marketing. Oxford: Butterworth-Heinemann.

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management (14th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall

Kusumawati, R. A. (2021). Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Asisten Pembiayaan di PT Bank BNI Syariah. Telaah Bisnis, 22, 33–48.

Pratama, B. Y., Poerana, A. F., & Utamidewi, W. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Starbucks Di Masa COVID 19. Media Bina Ilmiah, 17, 411–418.

Rozalena, A. (2020). Komunikasi bisnis - Konsep dan Praktik (T. Erang (ed.)). ANDI.

Rust, Roland T., Zeithaml, Valarie A., & Lemon, Katherine N. (2000). Driving Customer Equity: How Customer Lifetime Value is Reshaping Corporate Strategy. New York: The Free Press.

Solomon, Michael R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Syaefulloh, I. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Bisnis Keluarga Tahu Bungkeng Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Common, 7(2), 124–137. https://doi.org/doi.org/10.344010/common%0ADOI

Ummah, A. H., Djuanda, G., Ahmad, D., Afriza, E. S. D., Athalarik, F. M., Moekahar, F., Diwyarthi,

N. D. M. S., Sukri, A., Arifudin, O., Dewi, N. P. S., Rayhaniah, S. A., Pratama, I. W. A., & Kairupan, D. J. I. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis (A. Masruroh (ed.)). Widina Bhakti Persada Bandung.

Zeithaml, Valarie A., Bitner, Mary Jo., & Gremler, Dwayne D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). New York: McGraw-Hill Education.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4703

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF – 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Intan Medina Utami, Yanti Tayo, Ana Fitriana Poerana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index