PERSPEKTIF DAKWAH TERHADAP PERMASALAHAN ANAK DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN KHUSUS ANAK KELAS I TANJUNG GUSTA, KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perspektif dakwah terhadap permasalahan anak di Lembaga Permasyarakatan Khusus Anak Kelas I Tanjung Gusta, Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah memiliki peran penting dalam rehabilitasi dan pembinaan anak-anak di lembaga permasyarakatan. Melalui pendekatan spiritual dan pendidikan agama, anak-anak mendapatkan bimbingan moral dan etika yang membantu mereka dalam proses pemulihan dan reintegrasi ke masyarakat. Rekomendasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan program dakwah di lembaga permasyarakatan dan melibatkan lebih banyak tokoh agama dalam proses pembinaan anak-anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anandra, Q., Uljanatunnisa, & Cahyani, I. P. (2020). Analisis Elaboration Likelihood Theory Pada Kampanye "Go Green, No Plastic" Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jurnal Komunika, 98.
Anggraeni, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif Pada E-commerce Shopee. Jurnal Pendidikan Tambusai, 27074.
Blessa, V. A., & Indriani, F. (2022). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keterlibatan Konsumen, Dan Kualitas Produk Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Shopee Live (Studi pada pengguna platform shopee live). Diponegoro Journal Of Management.
Katadata.co.id. (2023, November 6). Proyeksi Nilai Transaksi Bruto/GMV Ekonomi Digital Indonesia Berdasarkan Sektor 2023. Retrieved from Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/06/e-commerce-sektor-penyumbang-ekonomi-digital-terbesar-indonesia-pada-2023
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhammad, A., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2024). Pengaruh Komunikasi Persuasif Host Live Shopping Tiktok Shop Aerostreet Terhadap Keputusan Pembelian Followers. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3-4.
Nugroho, C. (2020). Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Jakarta: KENCANA.
Rumbi, W. (2023). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggemar Jkt48. Dspace.
Snapcart. (2023, Maret 16). Memasuki Bulan Ramadan, E-commerce Mana Yang Unggul Jadi No.1 Pilihan Pengguna? Retrieved from Snapcart: https://snapcart.global/memasuki-bulan-ramadan-e-commerce-mana-yang-unggul-jadi-no-1-pilihan-pengguna/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4710
Article Metrics
Abstract view : 52 timesPDF – 44 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 hilda rahmadani harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index