ANALISIS PPELAYANAN PADA PASIAN BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL (BPJS ) KESEHATAN DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT SATU DIKELURAHAN KWALA BEKALA

Blasius Agustinus Laia

Abstract


Penlitian ini bertujuan untuk Menganalisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS Kesehatan Di Faskes Tingkat Satu Di Kelurahan Kwala Bekala. Penelitian ini dilaksanakan dan di fokuskan pada Klinik Pratama Marko untuk mewakili dari semua klinik dan puskesmas faskes tingkat satu yang ada di kelurahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskripsi dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi langsung terhadap proses pelayanan di klinik tersebut dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa meskipun beberapa pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, masih terdapat aspek-aspek yang perlu di perbaiki, seperti waktu tunggu yang panjang, komunikasi antara staf medis dan pasien, kurangnya informasi yang jelas mengenai prosedur pengobatan.


Keywords


Peningkatan Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan, Faskes Tingkat Satu, Klinik Pratama Marko ,Evaluasi

References


Abidin. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Jurnal MKMI. Volume 12.

Anjariyani, WD. 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang, 2009.

Ariani, D. Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta : Graha Ilmu

Azwar, Saifuddin.2004. Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bustami. 2011. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta

Day (Tjipono, 2016), manajemen pelayanan jasa, Yogyakarta: Andi offset.

Destifiana, Nina. 2015. Hubungan Kejenuhan Kerja dan Beban Kerja dengan Kinerja Perawat Dalam Pemberian Pelayanan Keperawatan di IGD dan ICU RSUD dr. R. Goetheng Taroenadibrata Purbalingga. Skripsi. Purwekerto : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Erlangga. Daryanto dan Ismanto Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima.

Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Mukti, Ali Ghufron. 2007. StrategiTerkini Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan : Konsep Implementasi. Yogyakarta : PT. Karya Husada

Mukti, Ali Ghufron. 2007. StrategiTerkini Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan : Konsep Implementasi. Yogyakarta : PT. Karya Husada

Mukti. Muninjaya, A. A. G. 2011. Manajemen Kesehatan. Jakarta : EGC

Murtiana, Eka. 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di RSUD Kota Kendari. Skripsi. Kendari : Universitas Haluoleo.

Najmah. 2011. Managemen dan Analisis Data Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v11i1.4941

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Blasius Agustinus Laia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING :

    

MEMBER of :

 

JURNAL PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index