PENGARUH E-WOM DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP BRAND AWARENESS PADA BRAND CETAPHIL (Survei Pada Konsumen Produk Cetaphil di Kota Medan)
Abstract
Brand awareness, atau kesadaran merek adalah tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu merek dan kemampuan untuk mengingat dan mengenali merek tersebut dalam berbagai situasi. Kondisi saat ini dimana persaingan bisnis semakin ketat, brand awareness sangat penting dalam strategi pemasaran karena membentuk fondasi bagi loyalitas pelanggan, pengambilan keputusan pembelian, dan daya saing di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan social media influencer terhadap brand awareness. Pengaruh electronic word of mouth dan social media influencer akan dianalisis secara parsial dan simultan terhadap brand awareness pada konsumen produk Cetaphil di Kota Medan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui sehingga pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan, penelitian terdahulu, dan data- data yang didapat melalui internet. Data tersebut diolah melalui software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap brand awareness dengan t hitung > t tabel yaitu 4.443 > 1,984 dengan signifikansi sebesar <,001 < 0,05. Social media influencer memiliki pengaruh signifikan terhadap brand awareness dengan nilai t hitung 5,215 > 1,984 dengan signifikansi sebesar <,001 < 0,05. Pada pengujian simultan variabel electronic word of mouth dan social media influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness dengan nilai F hitung sebesar 66,391 > 3,09 dengan signifikansi 0,001 < 0,05 serta nilai koefisien determinasi sebesar 0,569 yang menunjukkan bahwa pengaruh variabel electronic word of mouth dan social media influencer dapat menjelaskan variabel brand awareness sebesar 56,9% sedangkan 43,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dewandaru, P. (2020). ”Pengaruh Influencer Media Sosial, Kepercayaan, Persepsi Konsumen Dan Citra Toko Di Instagram Terhadap Niat Beli Konsumen”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis Dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Cv. Penerbit Qiara Media.
Grau, S. L. (2022). Celebrity 2.0: The Role Of Social Media Influencer Marketing In Building Brands. Business Expert Press.
Hartanto, A. J., & Zuliestiana, D. (2023). The Impact Of Using Social Media Influencer On Brand Awareness To Purchase Intention At Scarlett Whitening (Survey On Gen Z). Eproceedings Of Management, 10(3). 1565-1575
Kaufmann, H. R., & Loureiro, S. M. C. (2020). Exploring The Power Of Electronic Word-Of-Mouth In The Services Industry. Igi Global Book Series Advances In Marketing, Customer Relationship Management, And E-Services.
Kosim, L. & Pasaribu, L. (2021). The Influence Of Personal Branding In The Establishment Of Social Media Influencer Credibility And The Effect On Brand Awareness And Purchase Intention. Enrichment : Journal Of Management, 12(1),, 816-825.
Ligariaty, Y. I., & Irwansyah, I. (2021). Narasi Persuasi Social Media Influencer Dalam Membangun Konsep Kecantikan Dan Kepercayaan Diri. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(2), 173-186.
Manik, C. M., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Starbucks di Kota Medan. Journal of Social Research, 1(7), 694-707.
Pamungkas, I. . (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Pada Perusahaan Kopi Kenangan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 2461–2468.
Puspitasari, R. H. U., Nugraha, A. E. P., Nurhayati, L., & Mulyana, M. (2023). Manajemen Pemasaran Sebuah Konsep Dan Teori. Cv. Eureka Media Aksara.
Qulub, T, A. B. (2023). ”Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Product Quality Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Busana Muslim Rabbani Di Kota Semarang)”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Islam Sultan Agung.
Raharja, S. (2020). Impact Of Electronic Word -Of- Mouth On Brand Awareness In The Video Game Sector: A Study On Digital Happiness. International Journal Of Trade And Global Markets.Vol. 13, No. 1, 21-29.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.
Siregar, O. M., & Nasution, M. D. T. P. (2023). Revolutionizing Marketing: Strategi Inovatif Bisnis Modern. CV. Mitra Cendekia Media.
Sitorus, S. A., Romli, N. A., Pinga, C. R., & Sukarno, N. P. (2020). Brand Marketing: The Art Of Branding. Cv. Media Sains Indonesia.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & Kombinasi (M. P. Dr. Rina Fadilah, Ed.; CV ALFABETA, Vol. 1). CV ALFABETA.
Utami, R. D. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). Pt. Global Eksekutif Teknologi.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6313
Article Metrics
Abstract view : 35 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 15 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Altaka Raka Zapata Tito, Kartini Harahap, Onan Marakali Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.