STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN STARTUP DIGITAL DENGAN ANALISIS SWOT (STUDI PADA CV. NETURMERIC INTERNASIONAL, BONDOWOSO JAWA TIMUR)
Abstract
CV. Neturmeric Internasional adalah bentuk digitalpreneur di Bondowoso Jawa Timur bergerak dalam bidang software dan web development, serta konsultan IT yang mengkhususkan diri dalam mengembangkan aplikasi web, aplikasi mobile, dan aplikasi lainnya berbasis web. Permasalahan yang dihadapi adalah tingkat penjualan mengalami penurunan yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, salah satu yang mempengaruhi dari faktor internal yaitu SDM kurang professional dalam menjalankan tugasnya untuk melakukan proses produksi, faktor lingkungan eksternal juga memiliki pengaruh signifikan dalam menentukan kesuksesan atau kegagalan perusahaan. Keberhasilan atau kegagalan perusahaan startup digital ditentukan oleh kemampuan manajemen perusahaan tersebut dalam memahami lingkungan eksternal perusahaan secara lengkap dan akurat, yang menjadi dasar pengembangan strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran di CV. Neturmeric Internasional, menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau terbaik bagi CV. Neturmeric Internasional menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matrix IFE diperoleh total skor yang dimiliki CV. Neturmeric sebesar 3,97, sedangkan analisis Matrix EFE sebesar 4,00. Hasil Matrix IE berada pada sel I yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel I terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matriks SWOT menghasilkan 4 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh CV. Neturmeric Internasional. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah Penggunaan media sosial atau platform digital untuk pemasaran dengan cara diversifikasi layanan cloud dengan sistem hybrid-cloud atau multi-cloud agar lebih fleksibel dan tidak terlalu bergantung pada satu vendor dengan skor TAS sebesar 2,508.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Shimp, Terence. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta. Salemba Empat.
A.F Stoner, James dan Edward Freeman (eds). (1996). Manajemen Jilid I, terj. Alexander Sindoro, Jakarta. PT Prahallindo.
A.Pearce, John II, Richard B.Robinson, Jr. (2014). Manajemen strategi. Jakarta. Salemba Empat.
Aarker, David. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi 8. Jakarta. Salemba Empat. Alfabeta. Bandung.
Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Armstrong, G., & Kotler, P. (2017) . Principles of Marketing. 17th red. New York.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok. PT Raja Grafindo Persada.
Astrid Savitri. (2019). Revolusi Industri 4.0 Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0, Yogyakarta. Genesis Learning.
Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Research Gate, 7(1), 17–23. Retrieved from file:///C:/Users/WINDOWS_10/Downloads/Modul3ValiditasReliabilitasDianAyunita.pdfhttps://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/jtjik/article/download/2100/1544.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia. Jakarta.
Badan Pusat Statistik (2023). Produk Domestik Bruto Indonesia Triwulanan 2019-2023. Jakarta.
Badan Pusat Statistik (2023). Statistik eCommerce 2022/2023. Jakarta.
Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE. Yogyakarta.
Basu Swastha (2007). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Offset. Yogyakarta.
Blank, S. (2013). Why The Lean Start-Up Changes Everything. Harvard Business Review.
Cooper dan Schindler. (2014). Bussiners Research Method. New York: McGrawHill.
David,Fred R. (2013). Strategic Management, Edisi Ke-14. Global Edition. United States. Person Education
Dr. Etta Mamang Sangadji, M.Si, Dr. Sopiah, MM., M.Pd. (2013). Perilaku Konsumen.Yogyakarta.
Eric Ries. (2012). The Lean Startup : How Today’s Entrepreneurs Use Continuos.
Fahmi Irham.(2014). Manajemen Strategis : Teori dan Aplikasi. Bandung.Alfabeta.
Fahmi, Irham. (2014). Kewirausahaan Teori, Kasus, dan Solusi. Cetakan Ke 2. Bandung.Alfabeta.
Fandy, Tjiptono. (2016) . Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta.
Freddy Rangkuti (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
Freddy Rangkuti (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis hal 19. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Freddy Rangkuti. (2013). Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Graham, P. (2012). September). Startup = Growth. Retrieved from Paul Graham. Gramedia.
Hamel dan Prahalad (1995) menyatakan bahwa strategi adalah tindakan yang terus menerus, incremental (senantiasa meningkat).
Harinaldi. (2005). Prinsip-Prinsip Statistik Untuk Teknik dan Sains. Erlangga. Jakarta.
Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Bogor.
Jeni Wulandari, FISIP UI. (2009). Strategi Pengembangan PTPN VII Propinsi LampungMM. Jakarta. Erlangga.
Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT.Parenhallindo.
Kotler, Philip, Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta. Erlangga
Kotler, Philip (1995). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit Erlangga
Kotler, Philip; Armstrong, Garry (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kusumadmo, E. (2013). Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta. Cahaya Atma Pustaka.
Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat
OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). (2009). Sustainable manufacturing and ecoinnovation: towards a green economy. Situs: http://www.oecd.org. diakses pada 10 Agustus 2023
Prasetya Irawan. (2006). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta. DIA FISIP UI.
Rachmat. (2014). Manajemen Strategik. Bandung. Pustaka Setia.
Rangkuti, Freddy. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta. Penerbit PT. Gramedia Pustak Utama.
Rangkuti, Freddy. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Roger S. Pressman, (2002). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta Andi Offset.
Rusydiana, S. Aam dan Irman Firmansyah. (2018). Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah di Indonesia. Universitas Siliwangi.
S.P, Hasibuan, Malayu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Bumi Aksara
Siagian, Sondang P. (1995). Manajemen Strategi. Jakarta. Bumi Aksara.
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Sugianto dan Hongdiyanto, (2017). Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode QSPM pada Bisnis Sambal Noesantara, Vol.2, no.1, pp 106-115 .
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2012), Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 297-299. Bandung. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung. penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung.ALFABETA.
Sunyoto, Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta. CAPS (Center for AcademicPublishing Service).
Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa, Karakteristik Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta. Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6769
Article Metrics
Abstract view : 32 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dyah Ajeng Anggraheni, Achmad Hasan Hafidzi, Yohanes Gunawan Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.