PELATIHAN BISNIS PENJUALAN ONLINE BAGI ORANG MUDA KATOLIK PAROKI ST. MARIA TUGUMULYO MUSIRAWAS

Antonius Singgih Setiawan, Ming Chen, Andrew Gunawan, Agatha Septiana Sri Ratnasari, Antonny Wijaya

Abstract


Digitalisasi bisnis penjualan ini merupakan sebuah transformasi bisnis yang signifikan dari yang awalnya bersifat konvensional menjadi virtual. Tujuan besar dari digitalisasi bisnis penjualan ini adalah untuk memberikan kinerja penjualan yang lebih cepat, semakin mendekatkan jarak antara penjual dan pembeli secara virtual dan dapat diakses secara global karena basis utama dalam implementasi digitalisasi bisnis penjualan adalah dengan memanfaatkan teknologi internet. Revolusi industri 4.0 telah membawa dampak pada munculnya praktik digitalisasi ekonomi dan mendorong  berkembangnya praktik bisnis penjualan secara online. Namun demikian, belum semua orang tahu dan paham bagaimana menekuni bisnis penjualan secara online. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan yang mampu memfasilitasi masyarakat guna mendapatkan literasi mengenai usaha bisnis penjualan secara online. Kegiatan ini bertujuan memberikan peningkatan wawasan dan keterampilan Orang Muda Katolik (OMK) St. Maria Tugumulyo mengenai potensi penjualan secara online. Dengan memiliki literasi yang baik tentang bisnis penjualan online, anggota OMK St. Maria Tugumulyo bisa meningkatkan jiwa kewirausahaan mereka dengan memanfaatkan bisnis penjualan secara online.  Metode kegiatan pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan dan simulasi dalam membuat online shop melalui platform Tokopedia, cara mempromosikan produk, dan cara mengidentifikasi pemasok. Hasil pengabdian menunjukkan dampak positif atas pikiran dan pandangan para peserta dalam hal pilihan bisnis pada masa kini. Peserta mulai memiliki pikiran terbuka untuk memanfaatkan teknolgi internet dalam membuat bisnis yang dapat memberikan tambahan penghasilan


Keywords


Orang Muda Katolik, Penjualan online, Revolusi industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Achjari, D. (2000). Potensi manfaat dan problem e-commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(3), 288–395.

Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). PELATIHAN PEMASARAN, PEMBERDAYAAN TOKO ONLINE, DAN PENGENALAN m-commerce PADA PRODUK UNGGULAN JAGUNG TORTILADI KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56.

Fauziah, F. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe†Dalam Meningkatkan Penjualan. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.792

Febriantoro, W. (2018). KAJIAN DAN STRATEGI PENDUKUNG PERKEMBANGAN E-COMMERCE BAGI UMKM DI INDONESIA. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 184. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.10441

Firmansyah, A. (2018). KAJIAN KENDALA IMPLEMENTASI E-COMMERCE DI INDONESIA. Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 127. https://doi.org/10.17933/mti.v8i2.107

Fitria, T. N. (2017). BISNIS JUAL BELI ONLINE (ONLINE SHOP) DALAM HUKUM ISLAM DAN HUKUM NEGARA. JURNAL ILMIAH EKONOMI ISLAM, 3(01), 52. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PADANG. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Pradana, M. (2015). Klasifikasi jenis-jenis bisnis e-commerce di Indonesia. Jurnal Neo-Bis, 9(2), 32–40. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/nbs.v9i2.1271

Pradiani, T. (2018). PENGARUH SISTEM PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHAN. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Situmeang, R. R. (2018). Dampak bisnis online dan lapangan pekerjaan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat (Studi di kasus jasa bisnis online transportasi Grab di Kota Medan. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(3), 329–335.

Susanti, E. (2020). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI PADA UMKM DI DESA SAYANG KECAMATAN JATINANGOR. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Wibowo, R. A. (2015). Kesuksesan e-commerce (online shopping) melalui trust dan customer loyality. Jurnal Ekonomi Bisnis, 20(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1093

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF – 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Antonius Singgih Setiawan, Ming Chen, Andrew Gunawan, Agatha Septiana Sri Ratnasari, Antonny Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.