IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN GURU DAN DISIPLIN MURID

Titim Eliawati

Abstract


Pendidikan karakter menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh semua level sekolah di Indonesia. Ini menyebabkan integrasi pendidikan karakter di dalam kelas mendapat perhatian. Keberhasilan penerapan pendidikan karakter di sekolah dipengaruhi oleh banyak faktor.  Salah satunya adalah kemampuan guru dalam mengelola kelas. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru mengimplementasikan gaya kepemimpinan tertentu untuk dapat mendorong murid menjadi lebih disiplin. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan langsung di dalam kelas untuk guru SMP Sinar Husni. Kegiatan diikuti oleh 20 orang murid SMP kelas VIII. Hasil dari kegiatan ini adalah guru termotivasi untuk meningkatkan kualitas dirinya dalam mengelola kelas sehingga para guru dapat mempersiapkan diri sebelum pertemuan di kelas berlangsung. Respon yang baik dari murid SMP kelas VIII dimana mereka tidak merasakan kebosanan dalam mempelajari materi di kelas. Kesimpulannya adalah murid memberikan respon yang positif dengan komunikasi yang baik dan menunjukkan sikap disiplin serta tertib terhadap keterampilan kepemimpinan guru dalam mengelola kelas

Keywords


Kepemimpinan, Disiplin, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Berkowitz, M. W. (2012). Understanding effective character education. The‎ Literacy and Numeracy Secretariat Capacity Building Series

Danielson, C. (2006) Teacher Leadership That Strengthens Professional Practice. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development

Asfihana, R. (2021). Pre-service English Teachers’ Strategies in Incorporating Character Education during the Teaching Practice Program at UIN Antasari Banjarmasin. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 5(2), 309–322.

DROBOT, L., & ROŞU, M. (2012). TEACHERS’ LEADERSHIP STYLE IN THE CLASSROOM AND THEIR IMPACT UPON HIGH SCHOOL STUDENTS. INTERNATIONAL CONFERENCE of SCIENTIFIC PAPER AFASES 2012, 5. https://www.afahc.ro/ro/afases/2012/socio/2.2/drobot_rosu_leadership styles.pdf

Eliawati, T., & Harahap, D. I. (2019). Classroom Action Research: Measuring Integration of Character Education in Language Learning. Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019), 296–299. https://www.atlantis-press.com/article/125928380

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392

Harney, J. (2014). Character Education Integration in Secondary School English Curriculum [University of Toronto]. https://tspace.library.utoronto.ca/bitstream/1807/67028/1/Harney_Joshua_PT_201406_MT_MTRP.pdf

Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction, 13(2), 179–198. https://eric.ed.gov/?id=EJ1249134

Kale, M., & Özdelen, E. (2014). The Analysis of Teacher Leadership Styles According to Teachers’ Perceptions in Primary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 227–232. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.185

Pala, A. (2011). THE NEED FOR CHARACTER EDUCATION. In International Journal of Social Sciences and Humanity Studies (Vol. 3, pp. 23–32). Sosyal Bilimler Araştırmaları Derneği.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 122. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8113

Sari, S., & Hendro, O. (2017). PENGARUH KREATIVITAS, KOMUNIKASI, DAN KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN ILIR TIMUR II PALEMBANG. Jurnal Ecoment Global, 2(1), 74. https://doi.org/10.35908/jeg.v2i1.216

Subiyantoro, S. (2017). Faith and Social Character Education of Sociological Education Perspective: an Implementation of Classroom Management in Islamic School. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 411–433. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.22-10

Tuytens, M., & Devos, G. (2017). The role of feedback from the school leader during teacher evaluation for teacher and school improvement. Teachers and Teaching, 23(1), 6–24. https://doi.org/10.1080/13540602.2016.1203770

Zendrato, J. (2016). TINGKAT PENERAPAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1231

Article Metrics

Abstract view : 497 times
PDF – 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Titim Eliawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

   JournalStories Main logo  

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.