PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN PADA PELAKU USAHA BIBIT TANAMAN HIAS DAN BUAH DI LUBUK MINTURUN, KOTA PADANG
Abstract
Tanaman hias dan buah adalah komoditas hortikultura dan potensial dikembangkan terutama di daerah Kelurahan Lubuk Minturun, kota Padang. Permasalahan yang sering terjadi adalah keterbatasan dalam melakukan strategi pemasaran dan persaingan yang ketat. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman pentingnya strategi pemasaran pada Usaha Bibit Tanaman dan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang bagaimana strategi pemasaran pada usaha bibit tanaman di Kelurahan Lubuk Minturun. Metode yang digunakan adalah berbagi pengetahuan, pembahasan, diskusi tentang permasalahan yang terjadi. Dapat terlihat perkembangan pada ibu-ibu dalam berkomunikasi selama proses kegiatan PKM ini, mereka sudah bisa memahami pentingnya strategi pemasaran dalam usaha dan jenis strategi pemasaran apa yang cocok untuk usaha mereka. Dari kegiatan ini diharapkan menjadi bagin dari solusi pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam merancang dan melaksanakan strategi pemasaran pada usaha bibit tanaman di Kelurahan Lubuk Minturun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis (8th ed.). Salemba Empat.
Berdesa. (2019). Peluang Usaha Jual Bibit Tanaman Di Desa. https://www.berdesa.com/peluang-usaha-jual-bibit-tanaman-di-desa/
BisnisUKM, R. (2015). Pentingnya Strategi Pemasaran Untuk UKM. https://bisnisukm.com/pentingnya-strategi-pemasaran-untuk-ukm.html
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran Jilid 1 (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); 12th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran; Jilid 1 (13th ed.). Erlangga.
Sriyanto, Harimurti, F., Kasidin, K., & Sutianingsih. (2020). PENYULUHAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN RINGAN DI DESA NGIJO KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR. JANAKA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 1(1), 53–61. https://doi.org/https://doi.org/10.36600/.v6i1.136
Vernia, D. M., Widiyarto, S., Narsih, D., Mubashira, M., & Tiwinyanti, L. (2020). Sosialisasi Dan Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Pada Siswa Pondok. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 125–128. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1919
Zikmund, W. G., & Babin, B. J. (2013). Menjelajahi riset pemasaran; Buku 2 (10th ed.). Salemba Empat
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1397
Article Metrics
Abstract view : 395 timesPDF – 706 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ash Shadiq Egim, Riche Fermayani, Romi Rianto Harahap, Alyani Atsarina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.