PENDAMPINGAN PENINGKATAN PENGGUNAAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
SD Al Husna merupakan salah satu SD Islamiyah swasta di Madiun. SD Al Husna mempunyai 36 guru dan 389 siswa. Selama pandemi covid 19 tahun 2022, SD Al Husna melaksanakan proses pembelajaran secara hybrid. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah Microsoft Power Point. Media pembelajaran interakif Power Point terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa dan berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa. Power Point sudah digunakan oleh mayoritas guru di SD Al Husna namun penggunannya masih kurang maksimal. Masih ada guru-guru yang belum dapat menggunakan tools visual dan audio di Power point. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya pengetahuan dan pengalaman guru di SD Al Husna dalam menggunakan power point. Sehingga, desain pada power point monoton. Karena adanya kebutuhan mitra akan peningkatan pengetahuan terkait media pembelajaran Power Point maka perlu dilakukan pengabdian masyarakat. Pengolahan data hasil kuisioner posttest, pretest, dan tingkat kepuasan yang digunakan adalah statistika sederhana dengan bantuan Microsoft excel. Dari pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, mitra berpartisipasi aktif dalam kegiatan, pengetahuan mitra meningkat 51,1% yaitu dari 41,7% (sebelum pelatihan) menjadi 96,8% (setelah pelatihan), dan tingkat kepuasan mitra sangat baik (skor 5)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arga, H., Kelana, J., Altaftazani, D., & Ruqoyyah, S. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN “DARING†PADA GURU SEKOLAH DASAR DI ERA COVID-19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 1–6.
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 07(02), 25–34.
Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2097–2105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128
Mukrimaa, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran.
Nirmawati, N., & Arief, T. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 429. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1172
Nugroho, I., Riyanto, D., & Etall. (2022). PENDAMPINGAN PROGRAM DIGITALISASI DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL TARBIYATUL MUKMIN KECAMATAN SALAM. Reswara, 3(2).
Piliang, F. (2016). Mudahnya Menggunakan Microsoft Power Point.
Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446
Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
R
ahmawati, B. F., Badarudin, & Hadi, M. S. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135
Yaumi, M. (2017). MEDIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. 4(1), 1–21
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2274
Article Metrics
Abstract view : 192 timesPDF – 160 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wildanul Isnaini & Halwa Annisa Khoiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.