PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN PENGETAHUAN KADER TENTANG PERAWATAN LUKA KUSTA DENGAN PENDEKATAN LEARNING BY DOING
Abstract
Wilayah kerja Puskesmas Hamadi merupakan daerah dengan kasus Kusta tertinggi di Kota Jayapura. Stigma masih menjadi masalah pada kasus kusta yang menyebabkan masyarakat enggan untuk mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan. Hal ini berakibat pada munculnya penderita dengan kondisi luka kusta yang cukup parah. Peningkatan kapasitas kader kusta tidak hanya pada kemampuan untuk menemukan pasien baru dengan risiko kusta, melainkan kader perlu memiliki kemampuan untuk melakukan perawatan luka kusta untuk menjangkau pasien yang tidak mau melakukan pengobatan di Puskesmas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada kader dan masyarakat dalam melakukan perawatan luka kusta. Kegiatan ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Hamadi, Jayapura pada bulan Juni–Oktober 2022. Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan pendekatan learning by doing dengan kegiatan berupa demonstrasi dan ceramah tanya jawab. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat adalah kader kusta dan masyarakat yang berjumlah 21 orang. Tim pengabdian masyarakat memberikan demonstrasi perawatan luka kusta, selanjutnya peserta melakukan simulasi secara bergantian. Pengukuran hasil kegiatan dilakukan dengan evaluasi proses dan evaluasi hasil. Hasil evaluasi proses menunjukan peserta memiliki tingkat partisipasi yang tinggi dan mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, secara sukarela bergantian untuk melakukan simulasi, serta mampu menunjukan kemampuan untuk melakukan perawatan luka kusta. Sedangkan hasil evaluasi peningkatan pengetahuan peserta sebelum (60±8,803) dan sesudah (75,7±8,984) pelatihan diperoleh peningkatan skor sebesar 15,7 poin. Kegiatan dapat dilanjutkan dengan kunjungan rumah perawatan luka kusta oleh kader dan masyarakat di rumah pasien yang didampingi tim pengabdian masyarakat untuk memberikan pengalaman aksi nyata pada penderita kusta di lingkungan tempat tinggalnya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apay, F., Tafor, D., & Yaroserai, M. M. (2019). Peran Kepemimpinan Ondoafi Dalam Mendukung Program Pelayanan Kesehatan Di Distrik Sentani Barat Kabupaten Jayapura. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 2(1), 80-89. doi: https://doi.org/10.47539/jktp.v2i1.59
Barakat, M., & Zaki, H. (2019). Relationship between Psychological Problems and Quality of Life among Leprosy Patients. Evidence-Based Nursing Research, 1(2), 15.
Calixto, M., Marciano, L., Prado, R. B. R., Nardi, S., & Marques, T. (2016). Functioning and disability in leprosy. Indian J Lepr, 88(3), 137-146.
Dinkes Prov. Papua. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Papua tahun 2019. Jayapura: Dinas Kesehatan Provinsi Papua.
Govindasamy, K., Jacob, I., Solomon, R. M., & Darlong, J. (2021). Burden of depression and anxiety among leprosy affected and associated factors—A cross sectional study from India. PLoS neglected tropical diseases, 15(1), e0009030.
Hackathorn, J., Solomon, E. D., Blankmeyer, K. L., Tennial, R. E., & Garczynski, A. M. (2011). Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Techniques. Journal of Effective Teaching, 11(2), 40-54.
Hartanti, R. D., Listyorini, L., & Karima, M. (2015). Perawatan Diri Pasien Kusta. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(1).
Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2021. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kong, X. T., Chen, G. W., Huang, G. Q., & Luo, H. (2017). Ubiquitous auction learning system with TELD (Teaching by Examples and Learning by Doing) approach: A quasi-experimental study. Computers & Education, 111, 144-157.
Mekonnen, F. D. (2020). Evaluating the Effectiveness of'Learning by Doing'Teaching Strategy in a Research Methodology Course, Hargeisa, Somaliland. African Educational Research Journal, 8(1), 13-19.
Monteiro, L. D., Martins-Melo, F. R., Brito, A. L., Alencar, C. H., & Heukelbach, J. (2015). Physical disabilities at diagnosis of leprosy in a hyperendemic area of Brazil: trends and associated factors. Leprosy review, 86(3), 240-250.
Mulyadi, A., Sepdianto, T. C., & Mitayasari, E. (2017). Upaya Penderita Kusta dalam Mencegah Peningkatan Derajat Kecacatan. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 4(3), 186-191.
Pradana, A. E., Zulfitri, R., & Nopriadi, N. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Fungsi Kognitif pada Lansia. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 4(2), 62-67. doi: https://doi.org/10.47539/jktp.v4i2.225
Puskesmas Hamadi. (2022). Laporan Kasus Kusta Jayapura: Puskesmas Hamadi.
Rizka, M. A., & Tamba, W. (2019). Pelatihan Evaluasi Program Pendidikan Nonformal Bagi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 2(1).
Santos, V. S., Oliveira, L. S., Castro, F. D., Gois-Santos, V. T., Lemos, L. M., Ribeiro, M. d. C., . . . Gurgel, R. Q. (2015). Functional activity limitation and quality of life of leprosy cases in an endemic area in Northeastern Brazil. PLoS neglected tropical diseases, 9(7), e0003900.
Sibuea, N. A. (2021). Learning By Doing, Training And Life Skills. Mudabbir (Journal Research And Education Studies), 1(2), 91-103.
Siregar, T., & Ratnawati, D. (2020). PKM Pendampingan Keluarga dan Kader terhadap Penderita Kusta dalam Mencegah Kecacatan di Kelurahan Limo Kota Depok Jawa Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2).
Stufflebeam, D. L. (2003). The CIPP Model for Evaluation. Portland: Oregon: Western Michigan University.
Suyani, E., Batoebara, M. U., Aqsho, M., & Nasution, F. H. (2021). Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Dalam Upaya Pencegahan Stunting Pada Masyarakat Desa Bandar Khalipah. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 186-191.
Umaya, U., Adi, M. S., & Saraswati, L. D. (2016). Gambaran status kecacatan kusta pada penderita kusta di Kabupaten Blora. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(4), 496-502.
Wewengkang, K., Palandeng, H. M., & Rombot, D. V. (2016). Pencegahan Kecacatan Akibat Kusta di Kota Manado. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik, 4(2).
WHO. (2021). Leprosy. Retrieved 19 Januari, 2022, from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/leprosy
Zeitlin, W. (2018). Teaching note—innovations in teaching research: Learning by doing. Journal of Social Work Education, 54(3), 568-575
DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2411
Article Metrics
Abstract view : 232 timesPDF – 158 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhamad Sahiddin, Kismiyati, Zeth Roberth Felle, Sunarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada
RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 MedanKontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.